Lokasi Dan Tiket Masuk Kampung Topeng Malang, Kampung Unik yang Wajib Kamu Kunjungi

shares |

Lokasi Dan Tiket Masuk Kampung Topeng - Malang terus mengembangkan potensi wisata yang ada diwilayahnya. Tak hanya mengandalkan wisata alam saja, belakangan pemerintah kota Malang cukup serius dengan mengembangkan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat. Kita tahu ada begitu banyak wisata kampung di Malang seperti kampung warna warni, kampung putih, kampung biru, kampung enam wajak, kampung 3D hingga yang belakang lagi hits adalah kampung topeng. Tidak hanya sekedar menawarkan spot foto berupa ragam bentuk topeng, disana kamu juga bisa belajar membuat dan mewarnai topeng secara langsung.

Begitu sampai di lokasi kampung topeng malang, kamu bakal disambut oleh topeng raksasa dengan tinggi 7,5 meter dan lebar 5 meter. Topeng tersebut berbentuk 2 tokoh dari pewayangan yakni Panji Asmorobangun dan Dewi sekartaji. Cerita Panji Asmorobangun ini memang sering jadi seni dan tradisi warga Malang. Memasuki kedalam, kamu bakal menjumpai omah topeng yang menjual souvenir berbentuk topeng. Bahkan kamu bisa membuat dan mewarnai topeng sendiri lho. Warga disana memang sudah dilatih bagaimana memandu wisatawan yang ingin belajar membuat topeng.Di awal tahun 2018 ini, kampung topeng memiliki wahana baru yakni berupa flying fox.

Lokasi Dan Tiket Masuk Kampung Topeng Malang
Tiket Masuk Kampung Topeng Malang

Kampung topeng sendiri berdiri diatas lahan seluas 5 ribu meter persegi milik pemkot Malang. Kampung ini dibangun lewat program "desaku menanti" dari kemensos. Ada sekitar 40 unit rumah yang dibangun dan sebagian besar penghuniny adlah gelandang, pengemis serta pedagang kecil. Dari hari ke hari, kampung topeng terus berkembang. Sejumlah fasilitas umum serta wahana bermain terus ditambah untuk menjadikan kampung topeng sebagai wisata andalan di kota malang. Begitu juga dengan warganya yang terus diberikan pembinaan. Mulai dari anak anak yang belajar tari topeng, kalangan pemuda membuat kelompok kesenian hingga ibu ibu memproduksi beberapa produk pangan.

Lokasi Dan Tiket Masuk Kampung Topeng Malang
Lokasi Kampung Topeng Malang

Harga Tiket Masuk Kampung Topeng Malang

Setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk masuk ke lokasi kampung topeng. Namun jika dalam rangka kunjungan sekolah, harga tiket masuk tersebut berlaku untuk dua orang. Sementara itu jika ingin menikmati wahana flying fox dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu/orang.
Baca juga: Ini Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 2018

Lokasi Kampung Topeng Malang

Kampung topeng berada di Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 9 km dari alun alun kota malang. Akses jalan menuju kampung topeng juga gak begitu sulit. Jika masih bingung, tinggal buka saja google maps karena sudah tercantum disana.

Dengan hanya bayar tiket masuk kampung topeng seharga Rp 5 ribu saja kamu sudah bisa berfoto foto dan bermain disana. Jadi gak perlu ngeluarin banyak uang deh untuk liburan. Tapi jangan lupa selalu jaga kebersihan ya dan buanglah sampah pada tempatnya. hehe

Related Posts