Lokasi Dan Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso, Surga Tersembunyi Di Jalur Kawah Ijen

shares |

Lokasi Dan Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso - Malang dan Banyuwangi memang menjadi destinasi wisata yang tersohor di Jawa Timur. Namun jika kamu telusuri lebih jauh, ada banyak "surga tersembunyi" di Jawa Timur. Salah satu tempat yang belum banyak dijamah wisatawan namun memiliki suguhan alam memukau adalah Kawah Wurung. Lokasi kawah wurung ini berada di perbatasan kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Letaknya berada di jalur pendakian Gunung Ijen, jadi kalau kamu abis menikmati blue fire kawah ijen, jangan lupa mampir ke kawah wurung.

Meskipun namanya kawah wurung, namun kamu gak akal menemukan kawah belerang layaknya kawah ijen. Di Lokasi Kawah Wurung Bondowoso justru kamu akan mendapatkan view hamparan padang savana dengan cerukan berbentuk kaldera gunung. Pemandanganya agak mirip dengan sirah kencong di Blitar. Jadi dalam bahasa jawa, wurung ini berarti batal atau tidak jadi. Konon katanya kawah ini merupakan bagian dari kawah ijen, namun karena tidak aktiv layaknya kawah pada umumnya, maka kemudian disebut kawah tidak jadi/ kawah wurung.Selain menikmati hamparan rumput yang hijau, para pengunjung juga disuguhi bukit buit kecil disekelilingnya. Aktivitas fotografi tentu menjadi aktivitas wisata yang paling utama saat berkunjung ke kawah wurung. Carilah sudut atau angle yang pas agar mendapatkan foto yang keren.
Lokasi Dan Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso


Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso

Tempat wisata di bondowoso jawa timur ini tergolong murah meriah. Sebab harga tiket masuk kawah wurung ini hanya Rp 5 ribu saja untuk yang membawa sepeda motor. Sedangkan yang datang dengan mobil akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu. Murah banget kan? so, jika kamu dari kawah ijen, jangan lupa mampir ke kawah wurung ini ya


Lokasi Dan Rute Ke Kawah Wurung Bondowoso

Secara administratif, kawah wurung terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa TImur. Lokasi kawah wurung berada pada ketinggian sekitar 1500 mdpl. Jadi udara disini cukup sejuk, kamu bakalan betah berlama lama. Untuk menuju ke lokasi wisata, sebenarnya cukup ikuti rute ke kawah ijen. Namun jika kamu belum pernah ke kawah jen bisa mengikuti rute berikut ini.

  • Rute ke kawah wurung via bondowoso bisa menuju arah Wonosari. Nantinya kamu akan bertemu pertigaan yakni arah kawah ijen dan arah situbondo. Perjalanan dari sini sampai ke desa sempol memakan waktu sekitar 3 jam. Sepanjang perjalanan akan disuguhi dengan view perkebunan kopi dan pemukiman di perkebunan. 
  • Rute menuju kawah wurung juga bisa dilalui dari banyuwangi. Kamu bisa melewati rute banyuwangi -licin - paltuding- kawah wurung.
Baca juga: 10 Pantai Cantik Di Malang Yang Belum Terjamah
Demikian tadi ulasan mengenai lokasi dan tiket masuk kawah wurung bondowoso. Jika ada hal lain yang ingin kamu tanyakan bisa ditanyakan melalui kolom komentar. Jika tertarik berakhir pekan ke surga tersembunyi di Bondowoso ini pastikan memori dan baterai kameramu masih penuh ya gaess. Pasalnya banyak spot spot yang instagramable disini, gak bakalan nyesel deh.

Related Posts