Rute Dan Lokasi Sirah Kencong Blitar, Menikmati Sunrise Dari Kebun Teh

shares |

Rute Dan Lokasi Sirah Kencong Blitar - Berbicara wisata di Jawa Timur tak hanya berpusat di Batu, Malang ataupun Banyuwangi saja. Belakangan potret keindahan Blitar juga mulai terekspos. Ada banyak tempat wisata alam di Blitar yang siap untuk dijadikan pelampiasan di akhir pekan. Salah satunya adalah Perkebunan teh sirah kencong. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan disini mulai dari sekedar hunting foto, camping ataupun menanti sunrise yang menyembul dari tengah bukit. Bahkan keindahan sunrise di sirah kencong mampu menarik perhatian sutradara Hollywood, Livi Zhen.
Rute Dan Lokasi Sirah Kencong Blitar, Menikmati Sunrise Dari Kebun Teh
rute ke sirah kencong wlingi blitar

Sebenarnya wisata sirah kencong ini sudah ada sejak lama. Hanya saja belakangan mulai ramai setelah dipoles terutama dengan ditambah spot spot selfie. Terdapat juga beberapa fasilitas seperti gazebo, camping ground dan outbound. View dari lokasi sirah kencong blitar ini tak ubahnya seperti pegunungan alpend. Deretan perbukitan hijau yang berpadu dengan awan dan kabut tipis akan menjadi background sempurna untuk hunting foto. Lokasinya yang berada sekitar 1179 mdpl membuat lanskap disekitarnya terlihat jelas. Dari sisi barat nampak gugusan bukit serta gunung kelud. Sedangkan disisi timur terlhat gunung kawi dan gugusan gunung butak.
Tempat Wisata Di Blitar Lain

Untuk berburu sunrise terbaik, naiklah ke wukir negoro yang berada pada ketinggian 2300 mdpl. Sekitar jam setengah tujuh pagi, sinar mentari akan mulai muncul diantara hamparan kebun teh. Tak sedikit yang mendirikan tenda disini untuk menanti sang fajar muncul dari ufuk timur. Namun untuk mencapai wukir negoro, kamu harus berjalan kaki sejauh 500 meter. Jalanya cukup menanjak dan dipenuhi rumput sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Jangan lupa bawa kendaraan yang kuat untuk trek menanjak. Pasalnya dari sirah kencono jaraknya masih 5 km dengan jalanan yang berbatu, terjal dan memiliki tikungan tajam.

Lokasi Sirah Kencong Blitar

Kebun teh sirah kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Setidaknya butuh waktu tempuh sekitar satu setengah jam dari pusat kota Blitar. Sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh, hanya saja akses jalanya cukup sulit sehingga perjalananya pun otomatis lambat.

Rute Menuju Sirah Kencong Blitar

Jika kamu dari blitar kota, silahkan menuju arah wlingi. Setelah melewati pasar semen, belok ke kanan dan ikuti jalan tersebut (hanya ada satu jalan). Perjalanan selanjutnya harus melewati tanjakan dan jalan berbatu. Sebaiknya gunakan kendaraan yang fit, jenis trail sangat rekomended. Jika sudah sampai ke perkebunan kawisari, kamu akan menjumpai pertigaan beloklah ke kiri. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai ke lokasi sirah kencong yakni setelah melewati gapura PTP Nusantara XII.

Demikian tadi rute dan lokasi sirah kencong blitar. Selain kebun teh, disini juga terdapat candi dan air terjun. Jangan lupa kenakanlah pakaian yang tebal karena suhu udara disini berkisar 10 derajat celcius. 

Related Posts