Lokasi Dan Jalan Menuju Coban Sewu Malang, Air Terjun Yang Menakjubkan

shares |

Lokasi Dan Jalan Menuju Coban Sewu Malang - Traveler yang tinggal di Jawa Timur terutama di daerah Malang pasti pernah mendengar nama Coban Sewu. Air terjun yang berada di dua kabupaten yakni Malang dan Lumajang ini memang luar biasa indah. Bahkan kecantikanya disebut sebut mirip dengan air terjun Niagara di Kanada. Tebing tinggi yang membentuk setengah lingkaran membuat siapa saja merasa kerdil dihadapkan dengan ciptaan Sang Kuasa. Bebatuan sedimen dan tanaman hijau yang merambat di tebing menjadi dekorasi alam yang menyegarkan. Coban sewu ini memang sangat fotoable, wajar jika foto foto keindahan coban sewu kerap viral di media sosial.

Lokasi Dan Jalan Menuju Coban Sewu Malang
Jalan menuju coban sewu
Coban sewu semeru atau yang juga disebut Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki ketinggian tak kurang dari 180 meter. Cucuran airnya tak hanya mengalir di satu titik saja tapi di sepanjang lengkungan tebing  Para pengunjung pasti akan dibuat merinding dibuatnya. Ada dua spot untuk menikmati kemegahan coban sewu yakni dari Dusun Jagalan, Sidorenggo, Malang serta dari Desa Sidomulyo, Pronojiwo Lumajang. Setelah berjalan beberapa meter dari tempar parkir, kamu akan disuguhi lanskap coban sewu dari atas. Suara deru air yang jatuh dari atas tebing memecah kesunyian dan seolah memanggil para pengunjung untuk mendekat merasakan percikanya. Namun untuk menuju lokasi coban sewu, jalanya lumayan ekstrim. Sebab kamu harus menuruni beberapa anak tangga dari bambu di tebing yang curam. Di depan mata sudah terbentang jurang yang dalam.

Jalan menuju coban sewu ini memang bisa buat senam jantung. Sebagian tangganya memang landai, namun sebagian tegak dari dinding tebing. Kedua tangan harus berpegangan tali dan posisi badan mengahadap ke dinding tebing. Tangga tersebut juga hanya bisa untuk satu orang yakni naik atau turun. Namun di beberapa titik terdapat ruang yang bisa digunakan untuk berpapasan dengan pengunjung lain yang mau naik. Setelah sampai di dasar tebing, perjuangan belum berhenti. Kamu harus menyusuri sungai dan melawan arus air. Untungnya bebatuanya tidak begitu licin, hanya saja arus airnya lumayan deras. Tak lama kemudian, coban sewu berdiri gagah didepan mata. Sumber air mengalir dimana mana disepanjang lengkungan tebing. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan coban sewu. Coban berarti air terjun sedangkan sewu berarti seribu yang menggambarkan banyaknya sumber air. Airnya sendiri sangat jernih dan cukup dingin dan menyiutkan pori pori kulit.
Mampir juga di: 

Lokasi Coban Sewu Malang

Coban sewu ini berada di dua kabupaten yakni di Desa Bendosari, Pujon, Malang serta Desa Tamanayu, Pronojiwo, Lumajang. Kamu bisa memilih salah satu spot (lumajang/malang) untuk menikmati keindahan coban sewu. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk menuju coban sewu. Pasalnya belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu sampai lokasi coban sewu. Angkutan umum hanya ada jurusan lumajang dan turun di Gapura perbatasan Malang - Lumajang. Selanjutnya harus berjalan kaki untuk sampai di air terjun tumpak sewu tersebut.
Lokasi Dan Jalan Menuju Coban Sewu Malang
Lokasi coban sewu semeru malang

Jalan Menuju Coban Sewu Semeru Malang

Sementara itu bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi langsung saja menuju arah Lumajang yakni melewati Bululawang- Dampit -Ampelgading. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di gapur perbatasan Malang - Lumajang. Sekitar 200 meter setelah gapura tersebut terdapat gang di kanan jalan dengan banner bertuliskan Air Terjun Coban Sewu. Masuk saja ke gang sekitar 200 meter dan kamu sudah sampai di lokasi coban sewu. Selanjutnya kamu tinggal membayar tiket masuk coban sewu sebesar Rp 10 ribu/orang. Jika kamu ingin turun ke dasar, sebaiknya datang sebelum jam 3 agar gak kesorean.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar