6 Penyebab Gigi Berlubang yang Wajib Anda Tahu

shares |

IKLAN
IKLAN
Gigi berlubang adalah salah satu masalah pada gigi yang menyerang bukan hanya kepada anak-anak tetapi juga orang dewasa. Masalah ini membuat aktifitas makan jadi terganggu bahkan tak jarang muncul masalah lain yaitu di derah gigi berlubang tersebut terjadi pembengkakan atau disebut sakit gigi.

Selama ini kita mengira bahwa penyebab gigi berlubang adalah dari faktor makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Misalnya anak kecing yang sangat menyukai cokelat dan sering menyantapnya setiap hari berpeluang lebih punya masalah gigi berlubang ketimbang anak lain yang suka makan buah-buahan.



Tapi tahukah anda ada banyak sekali penyebab gigi berlubang selain yang disebutkan diatas. Nah berikut ini adalah 8 penyebab masalah gigi berlubang yang wajib anda ketahui :

1. Jarang Sikat Gigi

Salah satu penyebab gigi berlubang yang pertama adalah karena malas menyikat gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi jika dibiarkan terus-menerus akan menumpuk dan mengalami pembusukan sehingga sangat beresiko membuat gigi anda berlubang. Lakukan aktifitas menyikat gigi setiap hari, sebelum dan sesudah tidur minimal 3 kali sehari.

2. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang manis memang sangat nikmat disantap. Tetapi tahukah anda mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Ini dikarenakan sisa makanan dan minuman ini menempel pada permukaan gigi serta menghasilkan asam. Asam yang bercampur dengan air liur dapat membentuk plak yang mana jika dibiarkan terus menerus bisa mengikis lapisan gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Lubang yang awalnya kecil yang tidak disadari dan anda tidak memperdulikan faktor kebersihan gigi dan makanan yang dikonsumsi anak membuat bertambah besar hingga melebar kedalam lapisan dentin atau lapisan dalam gigi bahkan ke Pulpa atau lapisan terdalam gigi yang penuh dengan saraf-saraf. Jika mengalami gangguan maka anda akan mengalami rasa sakit dan juga keluar darah dari gigi.

3. Kondisi Mulut Kering

Mulut kering juga salah satu penyebab gigi berlubang. Kenapa demikian? Karena ketika mulut kering maka produksi air liur juga otomatis sedikit. Padahal peran air liur sangat penting dalam perannya menjaga kelembaban pada gigi serta membersihkan sisa makanan.

Untuk itu anda harus membiasakan minum air putih. Selain sehat karena menghindari dehidrasi juga untuk mencegah gigi berlubang.

4. Tidur dengan Botol Susu atau Teh Manis

Untuk anda yang memiliki anak balita sebaiknya anda menghindari membiasakan si kecil menggenggam botolnya di malam hari. Atau si kecil meminta susu manis atau teh manis di malam hari. Jika malam kehausan cukup berikan air putih.

Ini adalah salah satu penyebab utama gigi anak kecil keropos dan banyak lubang. Ketidaktahuan orangtua memang menjadi penyebabnya. Gula dalam susu dan teh manis jika dibiarkan dalam waktu lama maka sifatnya yang asam tersebut akan mengikis gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

5. Faktor usia

Faktor usia juga ada di faktor penyebab kenapa gigi berlubang. Ini dikarenakan karena semakin bertambahnya usia misalnya pada lansia cenderung proses metabolisme tubuh yang menurun. Untuk itu bagi yang sudah lanjut usia sangat rentan terkena gigi berlubang.

Faktor lain adalah seperti kebiasaan merokok dalam waktu yang cukup lama juga bisa menyebabkan masalah gigi seperti gigi berlubang.

6. Penyakit Asam Lambung (GERD)

GERD adalah salah satu penyakit dimana asam lambung mengalir keatas ke kerongkongan bahkan sampai ke mulut. Asam lambung dan bakteri pada gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Bagi anda yang menderita penyakit asam lambung, anda harus menjaga kebersihan gigi yang lebih ekstra sambil menyembuhkan penyakit asam lambung juga tentunya.

Nah itulah tadi 6 Penyebab gigi berlubang yang wajib anda ketahui. Semoga ini bisa menjadi manfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang gigi berlubang tentunya.
IKLAN
IKLAN

Related Posts