Rute Dan Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo, Tren Wisata Baru

shares |

Rute Dan Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo - Tren wisata saat ini sudah seperti latah, dimana ada satu wista yang lagi hits tempat lain akan mengikutinya. Bisa kita lihat wisata di daerah mangunan yang mengandalkan gardu pandang dan spot foto unik Sekarang hampir setiap daerah mengembangkan wisata dengan konsep serupa. Begitu juga dengan rumah hobbit lembang yang tengah hits dan sekarang diikuti oleh beberapa daerah lain seperti Jogja, blitar dan karanganyar. Belakangan ada spot Ayunan Langit di Kulon Progo yang mirip dengan The Lodge Maribaya Bandung.

 Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo
 Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo
Tak ada salahnya memang dengan wisata "duplikasi" tersebut, toh market sharenya juga berbeda. Kehadiran wisata wisata tersebut juga akan disambut hangat oleh para wisatawan. Pasalnya untuk mendapatkan tempat serupa, mereka tak perlu pergi jauh ke luar kota. Seperti di lokasi ayunan langit watu jaran kulon progo ini. Kini tak hanya warga bandung saja yang bisa berfoto di ayunan berlatar belakang jurang dan perbukitan hijau. Bagi masyarakat jogja dan sekitarnya bisa menemukan ayunan ala the lodge maribaya di wilayah Purwosari, Kulon Progo. Karena ini adalah pertama di Jogja, kehadiran ayunan langit pun langsung viral di instagram. Spot ayunan langit ini tentu menjadi "jualan" utama yang mampu menjadi magnet kuat untuk mendatangkan para pengunjung. Di tambah lagi dengan pemandangan hijau khas pegunungan yang menyegarkan mata.

Tapi tak semua orang berani berfoto diatas ayunan tersebut karena terlihat ekstrim dan menantang adrenalin. Ini dikarenakan lokasi ayunan langit di kulon progo tersebut berada di tepi jurang. Jadi seperti namanya, orang yang berada di ayunan seolah olah sedang berayun turun dari langit karena tidak ada pepohonan dikanan kirinya. Di bagian bawahnya adalah lembah yang luas. Tinggi dari ayunan sendiri adalah sekitar 20 meter. Ayunan langit ini sebenarnya bukanlah spot baru di Desa Purwosari. Desa ini sebenarnya adalah desa wisata hasil binaan sebuah hotel bintang lima di Jogja. Sebelum ada spot ayunan langit, sudah ada Goa Kidang Kencono yang menjadi daya tarik utama. Lantas dimana alamat ayunan langit watu jaran ini?
 Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo
goa kidang kencono di kawasan ayunan langit watu jaran

Lokasi Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo

Alamat ayunan langit watu jaran ini berada di Dusun Sabrang Kidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Jika dari kota jogja, lokasinya berjarak sekitar Rp 30 km. Akses jalan menuju ayunan langit cukup mulus dan bisa dilalui oleh roda dua ataupun roda empat. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat peta google maps berikut ini.


Rute Menuju Ayunan Langit Purwosari Kulon Progo

Tak sulit untuk mencari jalan menuju ayunan langit kulon progo. dari Jogja kota silahkan melintasi jalan godean ke arah barat (arah goa kiskendo) kamu akan melewati jalanan yang berkelok dan naik dengan view yang menyegarkan. Sesampainya di goa kiskendo silahkan lurus sedikit dan akan menemukan pertigaan. Ambilah ke arah kanan yakni arah Goa kidang kencana. Sesampainya di goa kidang kencono sudah ada petunjuk arah menuju lokasi ayunan langit watu jaran.

Harga Tiket Masuk Ayunan Langit Watu Jaran

Untuk berfoto di ayunan langit kulon progo ini para pengunjung harus merogoh kantong yang lumayan dalam. Setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 30 ribu serta parkir motor sebesar Rp 2 ribu. Tapi harga tiket masuk ayunan langit tersebut sudah termasuk ke wahana lain seperti caving di Goa Kidang Kencana.

Related Posts