Mengenal Bagian-Bagian Tabel di Word

shares |

Banyak hal bisa Anda pelajari ketika dihadapkan pada MS Word, seperti cara menghapus page di word, mempelajari bagian-bagian layoutnya hingga bagian-bagian dari setiap fitur yang disuguhkan, salah satunya tabel.

Suatu tabel sangat erat kaitannya dengan kolom, baris dan juga sel. Tiga hal tersebut merupakan komponen utama penyusun sebuah tabel. Namun tidak jarang yang masih sulit membedakan mana yang disebut dengan kolom (column), mana yang baris (row) atau mana yang disebut sel (cell). 



Untuk itu Anda perlu mengenal bagian-bagian tabel di word seperti berikut ini:

Baris (Row)

Baris atau yang juga dikenal dengan istilah row adalah bagian tabel yang terlentang dari kiri ke kanan secara horizontal.  Pada umumnya, baris pertama pada sebuah tabel akan diisi dengan judul yang menggunakan font atau tulisan bercetak tebal.  Pada baris tersebut, Anda bisa menyebutnya sebagai baris judul.

Sementara untuk baris selanjutnya akan diisi dengan deskripsi sesuai judul baris pertama. 

Kolom (Column)

Kolom atau disebut juga column merupakan salah satu bagian tabel dengan posisi tegak atau vertikal dari atas ke bawah.  Disebut sebagai kolom berarti dari paling atas sampai baling bawah tabel.

Dalam bahasa sederhananya, jika Anda melihat urutan angka dari 1 hingga kesekian pada sebuah tabel yang mana saling berurutan dari atas hingga ke bawah, maka itulah yang disebut dengan kolom dan angka-angka tersebut terletak pada satu kolom.

Sell (Cell)

Sell atau cell merupakan bagian tabel yang berupa kotak kecil, yang mana sell ini terbentuk karena pertemuan antara kolom dan baris pada tabel. Sehingga, pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel atau cell dalam istilah bahasa Inggris.

Dalam sel Anda dapat menambahkan objek atau karakter misalnya gambar, icon, teks atau yang lainnya. 

Icon pada Tabel MS Word

Ikon Seleksi Tabel (Table Selection)

Ketika Anda menekan klik pada tabel Ms Word, maka akan tampil sebuah icon atau tanda kecil di sebelah pojok kiri atas berbentuk seperti tanda plus (+) yang disebut dengan icon table selection. Fungsi dari icon tersebut adalah untuk menyorot atau melakukan block pada semua bagian tabel, sehingga Anda bisa menyunting tabel secara keseluruhan. Selain itu, icon tersebut juga bisa digunakan untuk menggeser atau memindahkan posisi tabel.

Iikon Ubah Ukuran (Resize)

Icon Resize terletak di sebelah pojok kanan bawah tabel berbentuk kotak kecil. Icon ini berfungsi untuk memperkecil atau memperbesar ukuran tabel sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Adna. Cara untuk mengaplikasikan icon ini juga mudah, Anda hanya perlu klik ikon dan tahan lalu geser apakah ingin diperbesar atau sebaliknya.

Dengan mengenal bagian-bagian tabel serta memahami fungsi dari icon yang ada pada tabel, maka Anda dapat menggunakan, mengatur serta menyunting tabel secara maksimal. 


Related Posts