Kelebihan Google Form untuk Membuat Kuis

shares |

Semakin berkembangnya dunia teknologi menjadikan kita semua lebih mudah dalam melakukan berbagai macam hal, salah satunya adalah dalam pembuatan kuisioner maupun form pendaftaran yang kini bisa anda lakukan secara online dengan menggunakan Google Form.

Google Form sendiri merupakan salah satu program dari Google yang bisa digunakan untuk media pengumpulan data seperti pendaftaran online, membuat kuis dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan Google Form untuk memberi tugas kepada peserta didiknya.

Siapa saja bisa memanfaatkan aplikasi besutan Google yang satu ini secara gratis kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan internet. Jika anda membutuhkan aplikasi ini maka bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play smartphone anda.

Untuk cara membuat google form sendiri sangatlah mudah sekali, anda tinggal masuk pada drive.google.com atau bisa juga melalui form.google.com kemudian mengikuti petunjuk yang muncul.

Banyak masyarakat yang menyebut Google Form ini dengan sebutan Google Formulir, karena memang tampilannya sendiri hampir mirip dengan formulir atau lembaran yang digunakan untuk menjawab kuis singkat. Maka dengan begitu bisa lebih memudahkan anda dalam mengumpulkan data dalam waktu yang cukup singkat.

Dengan menggunakan aplikasi Google Form ini maka anda bisa membuat isi sesuai dengan kebutuhan anda, baik itu pertanyaan maupun kuisioner. Berikut ini beberapa kelebihan Google Form untuk membuat kuis.

Kelebihan Google Form Yang Perlu Diketahui

Bisa Digunakan Secara Gratis

Seperti yang sudah sempat saya singgung diatas, jika aplikasi dari Google yang satu ini bisa anda gunakan secara gratis kapan saja dan dimana saja. Anda tidak akan dikenakan biaya tagihan. Jika anda ingin menggunakannya maka anda bisa langsung mengunduhnya di Google Play smartphone kesayangan anda.

Mudah Digunakan

Google Form mempunyai tampilan yang user friendly, jadi untuk anda yang baru pertama membukannya pasti tidak akan kesulitan pada saat mengoperasikannya.

Mempunyai Tampilan Tema Yang Menarik

Agar tidak terkesan membosankan, maka melalui Google Form ini anda juga bisa menambahkan tema untuk formulir yang anda buat nantinya. Aplikasi ini mempunyai beberapa pilihan tema yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu pastinya kuisioner atau formulir yang anda buat akan terkesan lebih menarik.

Mempunyai Pilihan Menu

Dalam pembuatan kuis anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda, misalnya ingin membuat pilihan ganda, tanda centang atauoun jawaban singkat. Jadi melalui aplikasi ini anda juga bisa membuat soal secara online.

Terdapat Fitur SpreadSheets

Salah satu kelebihan Google Form lainnya adalah terdapat fitur spreadsheet, dimana fitur tersebut bisa digunakan untuk melihat hasil dari kuisioner yang telah dijawab oleh responden.

Nah, itulah beberapa kelebihan Google Form dalam hal pembuatan kuisioner. Jika anda merasa tertarik untuk menggunakannya, maka silahkan langsung mengunduhnya pada Google Play smartphone anda.

Related Posts