Cara Memotret Bokeh Pada Objek yang Tajam dan Bagus

shares |

Foto bokeh saat ini semakin banyak yang meminati, pasalnya foto yang dihasilkan dengan efek bokeh terlihat lebih menarik dan profesional. Untuk fotografer handal mungkin sudah terbiasa menggunakan efek bokeh dalam setiap pengambilan gambarnya. Namun hal tersebut berbeda dengan fotografer pemula yang terkadang masih sering kesulitan dan mengaturnya.


Bokeh sendiri mempunyai pengertian hasil foto dengan area blur pada bagian sekitarnya. Jadi hanya fokus pada objek utama saja. Untuk cara mendapatkan foto bokeh tidaklah mudah, karena ada tips khusus yang perlu anda lakukan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan cara memotret bokeh yang bagus serta hasil tajam untuk anda semua.

Tips dan Cara Memotret Bokeh Yang Bagus

Setting Pada Bagian Aperture dan Focal Length

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan foto bokeh adalah dengan melakukan setting pada aperture dan focal length. Efek bokeh akan didapatkan pada saat aperture kamera pada bukaan terkecil namun dengan jumlah angka dibelakang besar.

Background, Objek dan Latar Depan

Selain perlu melakukan setting pada bagian aperture lensa, hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah melihat background objek. Semakin jauh latar belakang, maka akan semakin besar peluang anda untuk mendapatkan foto bokeh. Selain itu, anda juga bisa meletakkan objek berjauhan dari latar belakang.

Setting DOF (Depth of Field)

Cara mendapatkan foto bokeh selanjutnya adalah dengan mempelajari DOF atau rentang jarak objek foto terhadap kamera agar mendapatkan foto bokeh. Agar mendapatkan DOF yang baik, maka anda harus berada pada jarak yang cukup jauh dengan sumber cahaya, dan pastikan juga untuk menghidupkan fokus pada mode manual. Jadi anda bisa mendekatkan objek sedekat mungkin dengan kamera.

Setting Pencahayaan

Foto bokeh sangat tergantung oleh cahaya, maka jika anda mendapatkan cahaya terbaik merupakan sebuah hal yang menguntungkan dalam pengambilan foto model ini. Jadi anda harus memahami dimana letak cahaya yang bagus dalam objek anda. Entah itu dari sisi samping, depan maupun belakang. Silahkan anda melakukan percobaan sendiri, karena biasanya foto terbaik dihasilkan dari ketidak sengajaan.

Gunakan Piranti Tambahan

Untuk cara memotret bokeh selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bantuan piranti lain. Untuk mendapatkan hasil foto yang stabil maka anda bisa menggunakan bantuan tripot. Selain itu anda juga bisa menggunakan bantuan lensa khusus serta menggunakan filter jika anda membutuhkan.

Nah, itulah beberapa cara memotret bokeh yang tajam dan bagus. Untuk mendapatkan foto bokeh dengan hasil maksimal pastinya membutuhkan latihan yang berulang-ulang. Jadi untuk anda para pemula sebaiknya tidak mudah menyerah jika hasil foto bokeh anda belum maksimal. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk bisa membuat foto bokeh, selengkapnya bisa simak di situs aptoide.co.id

Semoga artikel ini bisa membantu persoalan anda selama ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts