Rute Dan Lokasi Bukit Cumbri Purwantoro, Bukit Kece Di Perbatasan Wonogiri Ponorogo

shares |

Rute Dan Lokasi Bukit Cumbri Purwantoro - Jika mendengar Ponorogo, pasti yang terlintas di fikiran kita  adalah kesenian Reog. Tak banyak yang tahu jika Ponorogo menyimpan berbagai wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah bukit cumbri purwantoro yang berada di perbatasan antara Kabupaten Ponorogo dan Wonogiri. Kendati harus menaiki bukit setinggi 638 mdpl, namun pemandangan yang disuguhkan benar benar amazing. Apalagi saat pagi hari, kabut putih yang menyelimuti bukit bukit disekitarnya, akan membuat jantungmu berdebar seperti sedang jatuh cinta pertama kali.

Rute Dan Lokasi Bukit Cumbri Purwantoro
lokasi bukit cumbri wonogiri

Bukit cumbri adalah salah satu negeri diatas awan yang harus kamu kunjungi. Datanglah pagi hari agar bisa menyaksikan awan yang mengapung didepan mata. Bukit cumbri ponorogo memiliki dua puncak yang bisa dijadikan spot untuk menikmati lukisan alam yang mempesona. Namun puncak tersebut cukup curam, jadi kamu harus ekstra hati hati. Lokasi bukit cumbri memang menjadi lokasi favorit para pecinta alam Ponorogo, wonogiri dan sekitarnya. Kendati demikian, bagi yang masih awam dengan pendakian pun boleh saja merasakan sensasi hiking ke puncak bukit cumbri.

Bukit cumbri purwantoro ini mulai tenar berkat foto foto yang tersebar di media sosial instagram. Tak sedikit para anak muda yang berselfie ria lalu menguploudnya di instagram. Panorama alam yang disuguhkan bukit cumbri juga turut mengundang para fotografer untuk mengabadikanya. Namun untuk sampai puncak dibutuhkan waktu satu hingga satu setengah jam menyusuri jalan setapak. Untuk itu bawalah bekal yang cukup terutama minuman agar tidak dehidrasi. Tidak kami sarankan untuk hiking siang hari, pasalnya bukit cumbri ini terkesan gersang. Hanya ada rerumputan liar dan beberapa pohon jambu monyet saja yang tumbuh di bukit cumbri.

Lokasi Bukit Cumbri Purwantoro Wonogiri

Bukit cumbri ini terlerak di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo dan Desa Biting Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Lokasinya memang berada du perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Rute Dan Lokasi Bukit Cumbri Purwantoro
rute menuju bukit cumbri purwantoro

Rute Menuju Bukit Cumbri Wonogiri

Ada beberapa rute yang bisa kamu lewati untuk menuju bukit cumbri ponorogo. Pertama yakni melalui rute  solo - wonogiri- purwantoro - desa biting. Jika menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan bus AKDP jurusan Solo - Purwantoro dan turun di terminal purwantoro. Selanjutnya kamu bisa naik ojek. Rute yang kedua yakni melalui Madiun - Ponogoro- Sampung - Pager Ukir. Ada 4 jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Tiga jalur berada di Wonogiri yakni pintu timur (dusun jatisari, Desa Biting), Pintu Tengah (Dusun Sumber, Desa Biting), dan Pintu Barat (dusun kepyar). Sedangkan bagi yang mau mencari lokasi bukit cumbri via ponogoro bisa menuju ke Desa Pager Ukir kecamatan Sampung.

Related Posts