Tips Membuat Nasi Tumpeng yang Enak dan Gurih

shares

Tips Membuat Nasi Tumpeng yang Enak dan GurihOrang Indonesia biasanya ketika merayakan suatu perayaan menyajikan nasi tumpeng, seperti perayaan perusahaan, perayaan ulang tahun, acara 7 bulanan, selametan dan acara-acara lainya yang ada di Indonesia.

Dengan begitu, banyak yang pesan tumpeng untuk sajian di tengah-tengah perayaan atau juga untuk dijadikan snack box. Banyak yang beranggapan untuk emmbuat nasi tumpeng ini rumit dan sulit, Namun sebenarnya untuk membuat nasi tumpeng tidaklah rumit jika kamu mengetahui beberapa tips untuk membuat nasi tumpeng.


Nah berikut ini ialah beberapa tips membuat nasi tumpeng yang enak, gurih dan nikmat yang bisa kamu coba. Tips ini juga cocok loh digunakan untuk kamu yang masih pemula:

1.      Gunakanlah Alat dan Bahan yang Sesuai

Tips yang pertama ialah gunakanlah alat dan bahan yang sesuai. Maksudnya disini ialah buatlah nasi tumpeng sesuai porsi yang akan kamu buat. Dengan mengetahui bahan yang akan dibuat, tentunya akan mempermudah kamu memasak untuk jumlah porsi yang akan dimasak.

2.      Siapkanlah Aneka Bumbu Masak

Tips yang kedua ialah jangan lupa mempersiapkan aneka bumbu masak yang diperlukan, terutama rempah-rempah khas Indonesia. Seperti yang kita tahu abhwa memasak nasi tumpeng memerlukan banyak bumbu rempah khas Indonesia, oleh sebab itu, siapkan semua bumbu rempah dengan lengkap agar tidak keteteran ketika memasaknya.

3.      Gunakanlah Beras Pilihan

Tips yang ketiga ialah gunakanlah beras pilihan. Dengan menggunakan beras pilihan, tentunya hasil nasi tumpeng juga akan lebih enak. Oleh sebab itu, pilihlah beras dengan kualitas yang bagus atau premium.

Jangan memilih beras yang sudah berkutu karena bisa mempengaruhi rasa nasi tumpengnya. Jadi pilihlah beras yang pulen agar hasilnya bisa maksimal dan enak.

4.      Gunakanlah Santan dari Perasan Kelapa

Tips yang keempat ialah gunakanlah santan asli dari perasan kelapa agar nasi tumpeng yang kamu buat memiliki rasa yang khas dan enak. Sebaiknya hidnari untuk menggunakan santan instant agar nasi tumpeng yang kamu buat hasilnya bisa lebih gurih secara alami.

5.      Gunakanlah Teknik Aron

Tips yang kelima ialah gunakanlah teknik aron ketika memasak nasi tumpeng. Dengan menggunakan teknik aron, nasi yang kamu masak nantinya tidak akan cepat basi dan tentunya bisa lebih awet.

6.      Tambahkan Perasan Air Jeruk Nipis

Tips yang keenam ialah gunakanlah perasaan jeruk nipis. Dengan menggunakan perasan jeruk nipis agar warna nasi kuningnya bisa lebih cerah dan bagus. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis ketika beras dicampur dengan santan dan perasan kunyit.

7.      Cetak Nasi Tumpeng Sambil di Aduk-aduk

Tips yang ketujuh ialah cetaklah nasi tumbeng sambil di aduk-aduk agar tidak gampang basi. Ketika mencetak nasi, sebaiknya keluarkanlah saat nasi sudah dingin agar hasilnya maksimal dan cetakanya lebih bagus.

Related Posts