Tutorial Update Firmware Samsung Pada Situs Resmi

shares |

 Salah satu hal yang wajib dilakukan sebagai pengguna ponsel pintar Samsung adalah melakukan Samsung official firmware download, atau dengan kata lain mengupdate firmware device Samsung Anda, secara berkala. 


Sayangnya, sebagian pengguna ponsel pintar Samsung tak menyadari bahwa update ini adalah hal yang penting dan wajib dilakukan untuk mempertahankan kinerja ponsel secara optimal. 


Tugas Firmware pada Ponsel Pintar Samsung

Sebagaimana yang dimuat dalam situs galaxyfirmware.com, firmware bertugas untuk membantu hardware (perangkat keras) untuk menjalankan fungsinya. Dengan kata lain, ponsel pintar Anda tak akan bisa bekerja tanpa adanya firmware tersebut. 


Samsung sendiri akan menyediakan pembaruan firmware tersebut secara berkala, sehingga kita para pengguna pun cukup melakukan update saja dengan cara yang terbilang mudah. Lantas, bagaimana caranya? 


Tutorial Update Firmware Samsung pada Situs Resmi 



Situs resmi Samsung, yakni Samsung.com merekomendasikan Anda untuk melakukan update melalui ponsel Anda, atau lebih sering disebut dengan istilah over-the-air (OTA).


Anda tak perlu mengunjungi situs apapun untuk melakukan update firmware, sebab update ini bisa saja dilakukan secara langsung pada device Samsung Anda, dan ini dianggap sebagai metode yang paling aman.


Sistem di dalam ponsel Anda secara berkala akan memunculkan sebuah notifikasi untuk memperbarui Software yang sudah mencangkup pembaruan firmware di dalamnya. 


Ketika notifikasi ini muncul, Anda bisa langsung menyetujui penawaran update tersebut, atau menjadwalkannya sesuai pada waktu yang Anda inginkan. 


Namun bagaimana jika notifikasi tak kunjung datang? Jika hal ini terjadi, cobalah sejumlah kiat berikut ini: 

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings pada ponsel pintar Anda, lalu pilih Software update

  • Selanjutnya, tap pilihan Download updates manually

  • Setelahnya, tunggu hingga proses update software tersebut selesai

  • Ketika update sedang berlangsung, Anda tak akan bisa menggunakan ponsel tersebut hingga prosesnya usai

  • Dalam proses ini, ponsel tersebut akan melakukan reboot dengan sendirinya, lalu akan hidup kembali dengan otomatis pula

  • Setelah hidup kembali, Anda pun bisa kembali menggunakan ponsel tersebut, dan mencoba fitur-fitur yang baru saja diperbarui


Tutorial Update Firmware Samsung dengan Smart Switch 

Cara resmi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Smart Switch. Pada dasarnya, ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk memindahkan data-data pada satu device ke device lainnya. Tak hanya antara device Samsung, tapi juga memindahkan antara device iOS, dan juga Windows PC Anda. 


Tak hanya memindahkan, aplikasi ini juga bisa membantu Anda mengupdate firmware ponsel Samsung Anda melalui PC. Nah, berikut adalah caranya: 


  • Pertama-tama kunjungi situs Samsung (www.samsung.com/us/support/owners/app/smart-switch) untuk mengunduh aplikasi Smart Saitch di PC Anda. 

  • Jika aplikasi tersebut sudah terpasang di PC, gunakan kabel USB untuk menghubungkan ponsel pintar ke PC Anda.

  • Selanjutnya, buka aplikasi Smart Switch di PC

  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut berhasil mendeteksi keberadaan ponsel Anda

  • Jika ponsel sudah terdeteksi, Smart Switch akan menawarkan Anda untuk melakukan update software atau menampilkan opsi update yang lainnya. 

  • Hal ini hanya akan terjadi jika pembaruan software tersedia. Jika tak ada software apapun yang perlu diperbarui, maka artinya Anda tak perlu melakukan update apapun untuk ponsel pintar Anda. 


Sekian pemaparan kami tentang tutorial update firmware Samsung pada situs resminya. Bagaimana, apakah Anda sudah memastikan bahwa firmware Anda sudah terupdate?


Related Posts