Contoh Program Latihan Sepak Bola

shares |

Sepak bola juga termasuk olahraga yang harus melalui latihan intens. Latihan-latihan ini berguna untuk melatih ketangkasan serta adaptasi pemain di lapangan. Selain itu, program latihan juga bermanfaat agar pemain tidak mudah mengalami cedera.

Setiap gerakan dalam sepak bola memerlukan program latihan agar skill pemain meningkat. Ada beberapa contoh program latihan sepak bola yang dapat kamu pelajari, seperti berikut.

Berbagai Contoh Tahapan Program Latihan Sepak Bola



Tahapan program latihan sepak bola berpengaruh terhadap perkembangan para pemain. Pemain yang melakukan tahapan latihan secara benar, berpotensi bertanding dengan baik. Ini dia beberapa contoh tahapan program latihannya.

  1. Pemanasan 

Program latihan dimulai dengan pemanasan, minimal 10 menit. Tujuannya agar otot-otot tubuh tidak kaku. Selain itu, adanya pemanasan ini juga bertujuan mencegah risiko kram saat melakukan fase latihan berikutnya. 

  1. Latihan Fisik

Walau masih dalam tahap latihan fisik, seragam pemain juga harus diperhatikan. Upayakan kaos sepak bola hingga kaos futsal printing yang dipakai selama latihan berbahan nyaman.

Jika memakai kaos yang berkualitas, maka latihan fisik menjadi lebih nyaman. Latihan fisik sendiri dilakukan selama 15 menit, bertujuan mengembangkan kebugaran. Selain itu, latihan ini juga bagus untuk kelincahan, kekuatan, dan sebagainya. 

  1. Latihan Teknik

Latihan teknik umumnya dilakukan selama 20 menit, serta pemain mesti dituntut melakukannya dengan benar. Walau skill pemain sudah mumpuni, latihan teknik tidak boleh absen. Teknik sepak bola sifatnya dinamis sehingga harus selalu diasah.

Bahkan, pemain sekelas Christiano Ronaldo pasti tidak absen dari latihan teknik ini. Tujuan dari latihan ini agar bisa selaras dengan taktik yang dirancang pelatih. Untuk latihan teknik sendiri, ada beberapa maccam yang harus dilakukan:

  • Dribbling

  • Passing

  • Controling, dan masih banyak lagi

  1. Latihan Taktik

Kemampuan seorang pelatih ditunjukkan di tahapan ini. Latihan taktik sangat berguna agar saat pertandingan pemain tidak blank. Pemain paham menerapkan strategi sesuai skema permainan yang dirancang pelatih.

Skema permainan sendiri sifatnya fleksibel, tergantung lawan yang akan dihadapi. Ada skema permainan bertahan, menyerang, dengan formasi berbeda-beda. Semua tergantung dari bagaimana pemilihan taktik dari pelatih. 

  1. Game

Game dalam program latihan sepak bola berarti praktek bermain di lapangan. Pertandingan latihan ini diisi dengan pemain 8 lawan 8. Tujuan dari game dalam program latihan sepak bola sebagai bahan evaluasi pelatih.

Selain itu, game ini juga baik agar pelatih bisa mempertimbangkan skema permainan yang dirancangnya. Tahapan satu ini juga sangat cocok untuk menunjukkan pemain mana yang cocok diturunkan dalam skema permainan rancangan pelatih. 

Baik pelatihan tim pemula hingga senior pasti sangat memerlukan tahapan satu ini. Umumnya, latihan game ini berlangsung selama 20 menit. 

  1. Pendinginan

Tahap akhir dalam program latihan sepak bola adalah pendinginan yang minimal dilakukan selama lima menit. Pendinginan berguna untuk meregangkan otot yang sebelumnya telah aktif selama berlatih.

Tahapan ini juga sangat penting agar para pemain tidak merasa kelelahan. Tentu diharapkan di latihan esok hari, tubuh peserta pelatihan akan semakin bugar dan siap melakukan latihan lagi. 

Melakukan program latihan sepak bola secara intens tentu akan membuat skill pemain terus terasah. Selain kemampuan yang ditingkatkan, penampilan tim saat di lapangan juga harus sebanding dengan jersey printing berkualitas. 

Related Posts