Tips Menulis Artikel UMKM di Masa Pandemi, Gunakan Teknologi

shares |

 Apakah Anda hendak menulis artikel UMKM di masa pandemi? Masa pandemi membawa cukup banyak dampak dalam masyarakat termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Fenomena tersebut juga mendorong banyak pihak untuk melakukan penelitian, menulis artikel hingga membantu UMKM untuk mampu beradaptasi dengan perubahan akibat pandemi. Namun sebelumnya, apa itu artikel?

Artikel ialah tulisan yang dibuat oleh seseorang dengan adanya tujuan di dalamnya. Tanpa ada syarat latar belakang khusus, Anda juga boleh menulis artikel. Termasuk mengenai UMKM di masa pandemi.



Tips Menulis Artikel UMKM di Masa Pandemi

Menulis artikel yang menarik dan berkualitas bukan perkara mudah. Terutama membahas mengenai UMKM di masa pandemi yang berbeda dengan masa sebelumnya. Anda perlu mempunyai pandangan khusus dan ide kreatif untuk menuliskannya.

Apabila baru pertama kali mengangkat tema tersebut dalam artikel, berikut akan kami berikan beberapa tips untuk mempermudah aktivitas Anda. Tips ini juga berguna dalam menulis ketika masa pandemi.

1.      Mencari Ide Melalui Platform Online

Hal paling utama dari sebuah tulisan tentu saja ide. Untuk memperoleh ide, kebanyakan orang berpikir sampai berjam-jam hingga mendapatkannya. Padahal, Anda hanya perlu membaca informasi singkat di platform online untuk dapat memperoleh ide.

Misalnya saja membaca berita singkat di media online mengenai perjuangan UMKM dalam beradaptasi dengan teknologi untuk menghadapi pandemi. Dengan membaca sekilas beberapa berita, ide akan muncul dalam kepala.

2.      Riset Data dan Referensi Secara Online

Ketika pandemi belum datang, sangat mudah untuk mencari data di lapangan. Begitu juga mencari buku ke perpustakaan. Namun begitu pandemi melanda, segala sesuatu perlu dilakukan secara online.

Anda tidak perlu merasa dirugikan, manfaatkan saja peluang menulis artikel UMKM di masa pandemi dengan mengandalkan teknologi dalam mencari data dan referensi. Cari saja buku, artikel, jurnal maupun berita di internet.

Sementara untuk data artikel, bisa melakukan wawancara maupun observasi secara online. Misalnya dengan menghubungi pihak UMKM melalui Whatsapp atau email. Tidak harus datang langsung ke lokasi.

3.      Menciptakan Paragraf Pembuka yang Memukau

Ketika sudah sampai pada tahap penulisan, biasanya perlu menciptakan kerangka terlebih dahulu. Silahkan menganalisis masalah, teori dan hasil penelitian dalam kerangka Anda. Apa yang tidak kalah penting dari kerangka ialah menciptakan paragraf pembuka.

Menciptakan paragraf pembuka tidak sama dengan paragraf lainnya. Jika Anda memperhatikan tulisan yang dibuat jasa penulis, pasti akan mendapati paragraf pembukanya begitu memukau sehingga menarik minat pembaca.

Tahukah Anda, paragraf pembuka yang buruk bisa menghilangkan minat pembaca untuk melanjutkan tulisan sampai selesai? Oleh sebab itu, perlu menciptakan paragraf pembuka secara menarik.

4.      Menciptakan Paragraf Penutup yang Berkesan

Tidak kalah pentingnya dengan paragraf pembuka, paragraf penutup juga perlu dibuat secara menarik. Pastikan paragraf penutup berkesan sehingga inti pembahasan dalam tulisan tidak dilupakan begitu saja oleh pembaca.

Membuat tulisan yang baik akan memberikan manfaat besar bagi pembaca. Akan tetapi, menulis artikel UMKM di masa pandemi perlu menerapkan tips khusus supaya bisa menarik minat pembaca.

Related Posts