Manfaat Air Purifier untuk Ibu Hamil Agar Selalu Sehat

shares |

Sebagai ibu hamil, Anda harus pandai menjaga diri dengan baik. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, melakukan olahraga cukup, sampai dengan mempertimbangkan udara yang seharusnya dihirup. Biasanya seorang ibu hamil akan menghindari hal-hal yang berbahaya termasuk debu dan polutan lainnya. Sehingga tidak sedikit yang tertarik untuk memasang penjernih udara di dalam ruangan. Apalagi muncul fakta bahwa manfaat air purifier bagi ibu hamil sangat banyak.

Air purifier sangat berguna untuk menjaga kesehatan, termasuk bagi para ibu hamil. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa orang hamil tidak boleh menghirup udara buruk. Sebab bisa berakibat pada janin. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasannya secara lengkap berikut ini.

Apa Dampak Polusi untuk Ibu Hamil?

Ada banyak jenis polusi udara, ada yang terdapat di luar ruangan dan di dalam ruangan. Beberapa polusi udara yang ada di luar ruangan antara lain debu, asap rokok, asap kendaraan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan polusi udara yang ada di dalam ruangan antara lain asap rokok, cat rumah, aroma pengharum ruangan, bahan kimia, dan lain-lain. Mungkin jika sekali saja terkena paparan polutan tidak akan terlalu membahayakan. Tetapi jika terkena terus-terusan, bisa membahayakan untuk kesehatan janin.

Polusi udara bisa mengotori udara bersih yang seharusnya diperoleh oleh ibu hamil. Polutan tersebut bisa berbahaya untuk plasenta yang biasanya menyediakan nutrisi, darah, dan oksigen untuk janin yang ada di dalam kandungan.

Apa Saja Akibat Terpapar Polusi Udara Bagi Ibu Hamil?

Selain berbahaya untuk plasenta, masalah lain yang akan ditimbulkan bagi ibu hamil antara lain:

1.Mempengaruhi Berat Badan Bayi

Masalah pertama yang mungkin dialami ibu hamil yang terpapar polusi udara terlalu lama adalah masalah berat badan bayi yang rendah atau kurang normal. Biasanya kondisi ini memang dialami oleh para ibu hamil yang tinggal di kota-kota besar.

2. Kelahiran Prematur

Akibat kedua yang bisa ditimbulkan adalah kelahiran bayi yang prematur. Menurut sebuah penelitian, kelahiran bayi prematur banyak yang disebabkan oleh paparan polusi udara yang terlalu lama. Keadaan bayi lahir prematur ditakutkan menjadi masalah serius untuk kesehatan kondisi saraf bayi.

3. Peradangan

Seorang ibu hamil benar-benar harus menghindari polusi udara, karena dikhawatirkan menyebabkan peradangan yang terjadi di dalam rahim. Sebaiknya pemicu peradangan pada ibu hamil ini dihindari karena bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur, bahkan menyebabkan autisme.

Bagaimana Cara Menghindari Polusi Udara?

Butuh perjuangan dan niat yang serius supaya Anda bisa terhindari dari polusi udara dengan maksimal. Apalagi polusi udara tidak hanya ada di luar ruangan saja, tetapi juga di dalam ruangan. Untuk menghindari polusi udara, baik di dalam maupun di luar ruangan sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah berikut ini:

Menggunakan Ventilasi Udara

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan ventilasi udara sebaik mungkin sehingga bisa berfungsi dengan optimal. Pastikan bahwa udara bisa masuk dan keluar dengan baik. Tujuannya untuk melancarkan pertukaran udara yang ada di dalam ruangan, sehingga udara yang Anda hirup bisa lebih bersih optimal.

Menjauhi Asap Rokok

Jangan lupa untuk menjaga udara yang Anda hirup sebaik mungkin dan menjauhi asap rokok. Jika ada perokok di dalam rumah Anda, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari mereka atau menyuruhnya untuk merokok di luar ruangan.

Menggunakan Masker

Jika pergi ke luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan masker karena ada banyak paparan polutan di luar sana. Ada debu, asap kendaraan, asap pabrik, kuman, serbuk sari, serta berbagai partikel kotor yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara yang Anda hirup.

Menggunakan Tanaman

Solusi berikutnya yang bisa Anda pilih untuk memiliki udara yang bersih di dalam rumah adalah memanfaatkan tanaman. Tanam beberapa tumbuhan segar di sekitar rumah agar Anda bisa selalu menghirup oksigen dengan baik.

Menggunakan Air Purifier

Jika ingin langkah paling mudah dan jitu, Anda perlu menggunakan air purifier di dalam rumah. Menggunakan penjernih udara akan mendatangkan banyak keuntungan, serta bisa membantu Anda menjaga kehamilan dengan baik.

Penjernih udara mampu menghasilkan udara bersih sehingga aman untuk Anda hirup setiap saat. Pastikan memilih air purifier yang memiliki fitur lengkap termasuk fitur HEPA yang mampu menyaring partikel-partikel kotor di udara.

Apa Manfaat Air Purifier untuk Ibu Hamil?

Jika Anda ingin menjaga kehamilan dengan maksimal, maka Anda perlu memanfaatkan air purifier. Penjernih udara populer satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil, misalnya adalah sebagai berikut:

Menghilangkan Polutan

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa polusi udara juga banyak yang terdapat di dalam rumah, mulai dari debu, kotoran, kuman, bakteri, asap rokok, dan masih banyak lagi. Dengan air purifier, Anda bisa terhindar dari semua itu dan mendapatkan udara yang sangat bersih.

Apalagi kotoran atau debu yang menempel di sofa, karpet, kaca, dinding, dan tempat-tempat lain di dalam rumah yang sulit untuk dihilangkan.

Memberi Aroma Wangi

Ibu hamil biasanya sangat sensitif terhadap bau atau aroma tertentu, apalagi aroma yang kurang sedap. Solusi terbaik yang bisa Anda ambil adalah menggunakan penjernih udara alih-alih menggunakan pengharum ruangan yang berbahaya dan mengandung zat-zat kimia.

Mengurangi Risiko Penularan Penyakit

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan penjernih udara adalah mengurangi risiko penularan penyakit. Sebab ibu hamil tidak boleh sampai terkena flu atau batuk, karena dianjurkan untuk menghindari minum obat.

Dengan air purifier, bakteri yang biasanya menularkan penyakit akan lenyap dan digantikan oleh udara yang bersih. Sehingga risiko tertular penyakit akan berkurang.

Apa Rekomendasi Air Purifier Terbaik?

Membahas tentang produk air purifier terbaik, Anda bisa menggunakan DREW Care Air Purifier yang terbukti ampuh untuk menghilangkan berbagai partikel kotor. Apalagi ukuran penjernih udara satu ini juga tidak terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga bisa Anda letakkan di berbagai sudut ruangan dalam rumah.

Anda akan memperoleh beberapa keuntungan ketika menggunakan DREW Care Air Purifier, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dilengkapi dengan HEPA dan H13 filter
  • Terdapat UV Light Mode
  • Dilengkapi dengan timer serta night light
  • Cocok untuk ruangan atau mobil
  • Praktis digunakan di mana saja

Dengan menggunakannya di dalam ruangan secara rutin, maka semua manfaat penjernih udara bisa Anda dapatkan. Apalagi jika kondisi Anda saat ini tengah hamil. Ingat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi calon buah hati.

Manfaat air purifier untuk kesehatan juga tidak diragukan lagi, terbukti dari banyaknya penelitian yang dilakukan. Selain itu, masyarakat juga lebih suka menggunakan penjernih udara untuk menjaga kesehatan keluarga di dalam rumah dengan lebih optimal.

Related Posts