6 Manfaat Air Purifier untuk Menjaga Kesehatan Bayi

shares |

Sudah tahu kegunaan air purifier? Alat yang mulai digemari oleh masyarakat ini memiliki banyak fungsi penting untuk kesehatan tubuh. Sebab cara kerjanya mampu menyaring udara dan mengubahnya menjadi lebih bersih. Manfaat air purifier untuk kesehatan sudah tidak dapat diragukan lagi, alat ini juga sangat penting digunakan oleh Anda yang punya bayi di rumah.

Banyak juga yang merekomendasikan penggunaan air purifier untuk para penderita asma. Itu karena alat ini mampu mengurangi risiko gangguan pernapasan dengan meminimalisir alergen di dalam ruangan.

Anda bisa menyalakan air purifier di dalam ruangan, dan udara yang terkontaminasi pasti akan disaring sehingga udara di ruangan Anda menjadi lebih bersih.

Prosesnya kurang lebih seperti ini: Air purifier menyala - Udara disedot - Udara disaring - Udara kembali disalurkan melalui bagian depan alat.

Hasilnya tentu udara yang lebih bersih, bebas dari kuman, bakteri, dan kotoran lainnya.

Kenapa Perlu Menggunakan Air Purifier?

Air purifier sangat penting mengingat saat ini semakin banyak polusi udara yang bisa mengganggu kesehatan manusia. Dampak dari udara tersebut bisa menyebabkan beberapa penyakit, mulai dari terganggunya sistem pernapasan, malaria, diare, radang paru atau pneumonia.

Berdasarkan Dirjen WHO., Margaret Chan, polusi bisa menjadi pemicu berbahaya yang dapat menyebabkan kematian manusia, terutama untuk anak-anak. Sebab sistem imun anak masih belum kuat.

Polusi udara tidak hanya dihasilkan di luar ruangan saja, tetapi di dalam ruangan. Apalagi Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan setiap harinya.

Apakah Air Purifier Aman Bagi Bayi?

Air purifier sangat penting untuk ruangan yang memiliki anak-anak, terutama bayi. Jika Anda bertanya mengenai keamanannya untuk bayi, tentu alat ini sangat aman.

Air purifier benar-benar aman untuk bayi, anak-anak, manula, dan usia berapapun. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa fungsi utama dari Air Purifier adalah untuk menyaring udara sehingga hasil yang dikeluarkan lebih bersih, sehat, dan berkualitas untuk semua pengguna di dalam ruangan.

Apa Saja Manfaat Air Purifier untuk Bayi?

Melihat anak sehat dan ceria adalah kebanggan tersendiri bagi orang tua. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga bayi di rumah tetap sehat, misalnya dengan memberinya asupan nutrisi yang cukup serta melindunginya dari bakteri atau virus.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan air purifier. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat air purifier untuk bayi berikut ini:

1. Mengatasi Alergi Pada Bayi

Bayi masih memiliki sistem imun yang rendah, sehingga mudah sekali terserang penyakit. Ada beberapa pemicu yang bisa menyebabkan terjadinya alergi, misalnya bulu hewan, spora jamur, debu, dan masih banyak lagi.

Cara terbaik membersihkannya adalah menggunakan air purifier, sehingga udara yang dihasilkan menjadi bersih maksimal dan aman untuk dihirup oleh si kecil.

Air purifier juga bisa membantu bayi untuk terhindar dari alergi, sebab Anda sudah mengatasi alerginya dengan alat yang canggih.

2. Menjaga Pernapasan Bayi

Air purifier dapat membantu udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih dengan maksimal. Bukan hanya dari bakteri atau virus, tetapi juga dari asap rokok. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi perokok pasif, sebab mereka menghirupnya dan tidak mengeluarkannya lagi.

Asap rokok di dalam rumah juga sangat berbahaya untuk bayi, sehingga Anda harus mengatasinya dengan menggunakan air purifier. Dengan begitu, Anda juga membantu si kecil untuk menjaga pernapasannya dengan optimal.

3. Membuat Kulit Bayi Tetap Lembap

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda peroleh adalah membantu menjaga agar kulit bayi tetap terjaga kelembabannya. Air purifier memiliki kandungan molekul air yang dapat menempel ke kulit, tentu saja kandungan tersebut tidak berbahaya untuk kulit. Justru bisa membantu pembentukan lapisan yang berguna untuk menjaga kulit bayi agar tetap lembab dan sehat.

Bukan hanya itu, kain atau dinding di dalam ruangan yang memiliki air purifier juga akan lebih bersih dan nyaman.

4. Menghilangkan Bau Menyengat

Pasti ada saja beberapa aroma menyengat di dalam rumah yang membuat penghuni menjadi tidak nyaman. Begitu juga dengan si kecil, yang harus tetap dijaga dengan baik supaya selalu merasa nyaman.

Beberapa bau di dalam ruangan dapat teratasi dengan mudah menggunakan air purifier. Dengan begitu, bayi dapat tumbuh dengan lebih optimal di lingkungan bersih, nyaman, dan wangi.

5. Mengurangi Risiko Bayi Terkena Flu

Si kecil sering sekali terkena flu karena sistem imunnya yang rendah. Pemicu flu si kecil biasanya karena tertular orang dewasa yang ada di sekitarnya.

Untuk meminimalisir risiko terkena flu, Anda bisa mulai menggunakan air purifier di dalam rumah. Sehingga udara bisa lebih bersih dan terasa nyaman. Dengan begitu, pemicu flu dapat berkurang dengan baik. Sehingga Anda bisa menjaga si kecil dengan lebih maksimal.

6. Mengurangi Polusi Radon

Tidak kalah penting, air purifier dapat membantu bayi Anda terhindar dari polusi radon yang berbahaya. Radon ini sendiri biasanya dipancarkan oleh bahan-bahan bangunan seperti tanah, batuan, atau granit yang dapat menimbulkan gejala kanker dan kerusakan pada sel paru-paru.

Air purifier bisa bekerja dengan cara menjebak partikel gas radon sehingga udara di ruangan Anda bersih dan tidak terpapar.

Bagaimana Cara Meminimalisir Polusi Udara Di Ruangan?

Ada beberapa langkah kecil yang bisa Anda terapkan untuk menjaga ruangan terlindung dari polusi udara yang mengganggu, terutama untuk Anda yang punya bayi di dalam rumah.

Beberapa langkah kecil tersebut antara lain:

  • Jangan sampai menyimpan sampah (meskipun di dalam tempat sampah) dalam waktu yang lama di dalam ruangan.
  • Jangan menyiram jalanan menggunakan air selokan, serta hindari membakar sampah.
  • Lebih baik mengurangi penggunaan produk rumah tangga yang bahan dasarnya adalah gas semprot.
  • Gunakanlah AC yang dilengkapi dengan penyaring udara.
  • Memaksimalkan penggunaan ventilasi, mulai dari jendela, atau cerobong asap di dalam ruangan.
  • Jangan merokok di dalam rumah, apalagi jika Anda memiliki anak kecil.
  • Rajinlah membersihkan kasur, sofa, serta karpet.

Di Mana Sebaiknya Meletakkan Air Purifier?

Anda bisa menggunakan air purifier di posisi yang bisa menjangkau seluruh ruangan. Jika air purifier jangkauannya luas, Anda bisa menaruhnya di pojok atau tengah ruangan. Sehingga air purifier akan menjangkau seluruh ruangan dengan baik.

Bingung memilih produk air purifier terbaik?

Saat ini sudah ada DREW Care Air Purifier yang bisa menjadi alternatif penjernih udara untuk Anda letakkan di dalam rumah. Keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan produk ini antara lain ukurannya cukup ringkas sehingga cocok untuk berbagai tempat. Kemudian ada HEPA H13 filter yang bisa membersihkan partikel udara dengan maksimal. Desainnya juga lebih elegan dan hemat listrik.

Ada produk DREW Pure 1 Air Purifier, DREW Pure 3 Air Purifier, dan DREW Pure 5 Air Purifier. Pilih sesuai kebutuhan Anda sendiri, dijamin udara di rumah akan semakin bersih dan jernih.

Beberapa manfaat air purifier untuk bayi mungkin masih sering diabaikan oleh beberapa orang. Padahal keberadaan penjernih udara ini sangat penting mengingat saat ini banyak pemicu polusi udara di dalam ruangan, mulai dari asap rokok, bahan-bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Related Posts