Sejarah Peringatan Hari Hewan Sedunia

shares |

World Animal Day atau hari hewan sedunia jatuh pada tanggal 4 Oktober setiap tahunnya. Adanya peringatan tersebut guna memperjuangkan kesejahteraan serta hak-hak hewan di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai hari hewan yang diperingati oleh masyarakat dunia tersebut.

Sejarah hari hewan sedunia

Tanpa disadari manusia memang telah membawanya ke kesejahteraan hewan-hewan di dunia. Pengerusakan habitat alami untuk membangun bangunan maupun mengubahnya menjadi lahan pertanian termasuk hal yang mengancam kesejahteraan hewan-hewan. Selain itu, penggunaan bahan kimia pada hewan juga termasuk ke dalamnya.



Penggagas adanya hari binatang sedunia ialah Heinrich Zimmermann yang merupakan seorang penulis asal Jerman. Selain penulis ia adalah penerbit dari majalah "Mensch und Hund/Man and Dog". Peringatan hari tersebut pertama kalinya digelar oleh Zimmermann pada tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin. Ketika itu, lebih dari 5.000 orang ikut menghadiri acara yang ia selenggarakan.

Pada mulanya peringatan ingin direncanakan pada tanggal 4 Oktober. Sayangnya Sport Palace yang menjadi tempat yang cukup besar dan mampu menampung ribuan pengunjung di Jerman kala itu tak dapat digunakan di hari tersebut. Pada akhirnya, untuk pertama kali peringatan hari binatang sedunia dapat dilaksanakan pada 4 Oktober 1929.

Awal mulanya, hanya beberapa negara saja yang ikut merayakannya hari tersebut. Yakni hanya Jerman, Swiss, Austria dan Cekoslovakia sana. Akan tetapi berkat promosi yang dilakukan oleh Zimmermann, pada Mei 1931 pada sebuah Kongres Organisasi Perlindungan Hewan Dunia di Florence, Italia menjadikan 4 Oktober sebagai peringatan resmi hari hewan.

Dimana peringatan tersebut akan dirayakan oleh seluruh masalah dan negara di seluruh dunia. Pemilihan 4 Oktober didasarkan karena hari tersebut ialah hari Fransiskus dari Asisi yang merupakan Santo pelindung ekologi termasuk pelindung hewan.

Tujuan peringatan hari hewan sedunia

Ada beberapa tujuan peringatan hari hewan sedunia yang perlu kamu ketahu. Diantaranya ialah:

  • Guna melindungi hewan-hewan yang ada di dunia.
  • Mengkampanyekan hak-hak hewan atas habitat aslinya.
  • Meningkatkan standar kesejahteraan bagi hewan-hewan di seluruh dunia.

Demikian ulasan mengenai sejarah peringatan hari hewan sedunia yang dilaksanakan setiap 4 Oktober. Semoga kita dapat lebih peka terhadap isu-isu yang berkaitan dengan habitat hewan dan sejenisnya.

Sumber artikel: www.enkosa.com

Related Posts