Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

shares

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Pada BayiBagi ibu tentunya akan merasa khawatir jika terjadi yang tidak diinginkan pada buah hatinya. Seperti contoh sakit atau bahkan cegukan pada bayi yang tak kunjung berhenti.

Ketika bayi cegukan, mungkin bagi beberapa orang tua merasa kebingungan untuk mengatasinya. Lalu apa penyebab bayi sering cegukan sih? Ternyata banyak penyebab yang bisa menyebabkan bayi cegukan.



Penyebab Bayi Cegukan

Penyebab cegukan yang sering terjadi ialah disebabkan oleh kontraksi diafragma. Perlu kamu ketahui bahwa diafragma ialah lembaran besar otot yang ada di bagian bawah paru-paru yang mana bisa membuat kamu bernafas.

Nah jika terjadi kontraksi tentunya bisa menimbulkan cegukan baik pada bayi maupun orang dewasa. Bagi Sebagian orang tua tentunya merasa khawatir jika melihat buah hatinya sering cegukan. Meskipun cegukan tidak begitu berbahaya, namun karena cegukan bisa membuat tidak nyaman.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

1.      Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa

Cara mengatasi yang pertama ialah berikan ASI dan biarkan bayi kamu bersendawa. Perlu kamu ketahui bahwa menyusui merupakan salah satu cara yang bisa mengatasi cegukan pada bayi.

Karena gerakan menyusui bisa membantu menghentikan cegukan pada bayi. Jadi jika sudah selseai menyusui, biarkanlah bayi bersendawa. Hal ini agar bisa memberikan ruang bagi uadar yang terjebak yang ada di perut bayi.

2.      Atur posisi bayi

Cara mengatasi yang kedua ialah atur posisi bayi. Sebagai ibu, kamu bisa melakuakn dan mengatur posisi bayi  dengan cara pegang dan atur bayi dalam keadaan tegak berdiri.

Kamu juga bisa melakukanya sambil mengendong bayi tersebut. Lalu tepuk-tepuk bagian belakang bayi dengan sangat lembut. Hal ini perlu dilakukan supaya bisa membantu gas pada perut untuk naik.

3.      Beri sesuatu untuk diisap

Cara mengatasi yang ketiga ialah beri sesuatu untuk diisap. Kamu bisa memberi bayi untuk diisap seperti contoh empeng, dot, atau putting ibu juga bisa. Cara ini dipercaya bisa mengatasi cegukan pada bayi.

Hal ini bertujuan agar dapat merangsang sendawa dan juga bisa menghentikan cegukan yang terjadi pada bayi.

4.      Bawa bayi ke tempat yang lebih hangat

Cara mengatasi yang keempat ialah kamu bisa membawa bayi kamu ke ruangan yang lebih hangat dan juga lembab. Sebaiknya hindari dulu ruangan yang ber – AC atau suhu ruang yang dingin.

Biasanya cegukan bayi bisa disebabkan oleh suhu temperatur  yang berubah menjadi dingin. Itulah kenapa bayi lebih baik di tempat atau suhu ruang yang lebih hangat.

5.      Berikan ASI ketika bayi tenang

Cara mengatasi yang kelima ialah berikan ASI ketika bayi merasa tenang seperti tidak sedang menangis atau lapar. Hal ini bertujuan untuk menghindari udara yang masuk bersamaan makanan dan mengalami cegukan.

 

Related Posts