Tips Menjadi Penulis Novel Pemula

shares

Tips Menjadi Penulis Novel PemulaUntuk menjadis eorang penulis novel memang susah susah gampang. Namun jika ada kemauan dan bakat tentu menjadi penulis bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu senang membuat cerita.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk menjadi seorang penulis novel terkenal tentunya sangat sulit. Untuk menjadi penulis yang sukses dan berhasil tentunya harus melalui proses yang tidak mudah. Jika kamu bisa melewati proses tersbut, tentunya kamu bisa menjadi seorang penulis novel yang populer.



Lalu bagaimanakah cara agar menjadi penulis novel pemula ? Untuk menjadi penulis terkenal, kamu bisa memulai dulu untuk menjadi penulis pemula. Nah berikut ini ialah beberapa tips untuk menjadi penulis pemula yang bisa kamu coba:

1.      Tentukan apa yang kamu tulis

Tips yang pertama ialah tentukan apa yang ingin kamu tulis. Kamu lebih tertarik untuk menulis cerita tentang genre apa, seperti contoh genre komedi, rumah tangga, atau romantis.

Sebagai penulis pemula, kamu bisa mencoba menulis cerita tentang genre yang kamu sukai terlebih dahulu agar ketika kamu menulis bisa menggambarkan, menceritakan dan menulis dengan mudah.

2.      Latihan menulis

Tips yang kedua ialah dengan latihan menulis. Untuk menjadis eorang penulis, tentunya kamu harus Latihan menulis agar tulisan yang kamu buat akan semakin lancar dan mahir.

3.      Nikmatilah proses menulis

Tips yang ketiga ialah nikmatilah proses menulis. Ketika menulis, bikin enjoy saya dan nikmati apa yang kamu tulis. Jangan merasa terbebani dengan tulisan kamu agar pada saat menulis, kamu bisa menikmati proses-proses tersebut.

4.      Bereksperimen

Tips yang keempat ialah dnegan berkesperimen. Tulislah apa yang kamu bisa dnegan cara berkesperimen dengan berbagai genre. Lalu tentukan genre yang seperti apa yang cocok dengan gaya tulisan yang kamu tulis.

Jika kamu sudah pas dengan genre pilihan kamu, tentunya hal ini akan mempermudah kamu menulis. Oleh sebab itu, bereksperimen dengan cara menulis merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

5.      Tentukan waktu menulis yang teratur

Tips yang kelima ialah tentukan waktu menulis dengan teratur. Paling tidak berilah waktu 1 hingga 2 jam per harinya di saat kamu senggang karena lebih baik menulis sedikit demis edikit setiap hari, daripada tidak menulis sama sekali.

6.      Bacalah lebih banyak buku

Tips yang keenam ialah bacalah lebih banyak buku. Dengan membaca , kamu bisa mendapatkan kosa kata baru dan juga ide. Selain membaca buku, kamu juga bisa menonton tv atau mencari informasi di internet.

7.      Minta teman untuk membaca tulisanmu

Tips yang ketujuh ialah mintalah temanmu untuk membaca tulisanmu. Setelah itu, mintalah pendapat kepada temanmu, apakah tulisn yang kamu tulis sudah enak dibaca? Apakah temanmu memberikan komentar yang baik atau buruk? Pendapat temanmu ini snagat penting untuk perkembangan tulisanmu selanjutnya.

Related Posts