Jenis-Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

shares

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan investasi. Hal ini bukan tanpa tujuan karena dengan melakukan investasi, mereka berharap bisa mencapai kemapanan finansial di masa yang akan datang sesuai harapan mereka.

Oleh sebab itu sebelum melakukan investasi sebaiknya sesuaikanlah dengan tujuan finansial, profit dan juga risiko ketika melakukan investasi. Dengan demikian kamu bisa mengetahui seluk beluk berinvestasi dengan benar dan tepat, apalagi jika kamu masih pemula dalam hal berinvestasi.

Perlu kamu ketahui bahwa menabung dan investasi tentulah berbeda. Jika menabung ialah untuk menyimpan saja, sedangkan investasi ialah agar dana investasi atau aset tersebut bisa dikembangkan lagi.



Nah menabung ini bertujuan untuk menyimpan buang dan bisa digunakan untuk suatu saat atau bisa dikatakan menabung merupakan kebutuhan keuangan yang liquid. Hal ini berbeda dengan investasi karena investasi merupakan memiliki tujuan jangka panjang yang sudah ditargetkan.

Perlu kamu ketahui bahwa menabung saja tidak cukup karena kebutuhan finansial selalu mengalami kenaikan tiap tahunya dan secara tidak sadar terjadi inflasi yang mana jumlah mata uang akan mengalami penurunan.

Nah berikut jenis - jenis investasi yang populer di Indonesia dan yang bisa kamu coba di rumah untuk melakukan investasi sekarang juga:

1. Properti

Jenis investasi yang pertama ialah properti. Seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan akan properti akan selalu mengalami kenaikan baik dari segi jumlah populasi, hingga segi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Meskipun bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang membutuhkan uang tidak sedikit, namun banyak orang yang berinvestasi properti karena properti merupakan suatu aset yang tidak likuid.

Properti paling cocok dipilih bagi orang-orang yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Karena setiap tahun ya, aset properti tentunya akan selalu mengalami kenaikan.

2. Emas

Jenis investasi yang kedua ialah emas. Emas merupakan salah satu pilihan berinvestasi yang paling menarik dari jenis investasi lainya.

Emas merupakan aset yang likuid karena kamu bisa membeli dan menjualnya kapan saja. Selain itu kamu juga bisa membeli emas darinukuran paling kecil yakni gram hingga paling besar yakni emas batangan.

Jadi kamu bisa berinvestasi emas yang mana untuk dana nya bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan emas dalam jangka panjang.

3.Deposito

Jenis investasi yang ketiga ialah deposito. Investasi jenis ini juga dijamin aman karena sudah terjamin di LPS. Deposito merupakan jenis investasi yang konservatif dan menawarkan suku bunga yang tidak terlalu agresif kepada para nasabahnya. Deposito juga termasuk jenis investasi yang tidak likuid yang mana bisa digunakan sewaktu-waktu

5. Saham

Jenis investasi yang kelima ialah investasi saham. Jenis ini memiliki risikonyang sangat tinggi. Namun jenis investasi ini juga bisa memberikan keuntungan yang luar biasa jika bisa berinvestasi dengan tepat.



Related Posts