Inilah Perbedaan UMKM dan Startup yang Perlu Diketahui

shares

Dalam hal jumlah startup ternyata  Indonesia merupakan negara yang menempati posisi  nomor dua yang mana posisi nomor  satu yaitu Negara India. Seperti yang kita ketahui bahwa perkmbangan dunia sturtup sangatlah cepat.

Masyarakat Indonesia banyak yang beranggapan bahwa Startup dan UMKM merupakan hal yang sama. Padahal jika di lihat dari segi beberapa hal tentulah berbeda.  Nah berikut ini ialah perbedaan umkm dan startup yang bisa kamu pahami.





1. Produk

Pertama ialah dari segi produk. Untuk produk startup  yakni berbentuk digital seperti contoh aplikasi atau software. Beberapa startup juga menjual jasa ataupun produk digital lainya yaitu seperti contoh foto, eebook, insight dan juga gambar ilustrasi.

2. Skala bisnis

Kedua ialah skala bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa startup merupakan perusahaan rintisan. Oleh sebab itu, startup memang sudah didesain khusus supaya bisa menjadi perusahaan besar seperti yang diharapkan.

Semua aspek yang ada di dalam startup diharapkan bukan hanya untuk tingkat lokal dan nasional saja tapi juga untuk tingkat internasional.

Sedangkan UMKM ialah memiliki bisnis dalam skala lebih kecil jika dibandingkan dengan startup. UMKM ini lebih bersifat untuk tingkat lokal dan bisa berkembang untuk tingkat nasional. Namun desain awal UMKM ini bukanlah untuk menjadi perusahaan besar.

3. Tujuan dan cara kerja

Ketiga ialah tujuan dan cara kerja. Perlu kamu ketahui bahwa tujuan startup ialah memang untuk pertumbuhan yang sangat cepat. Oleh sebab itu startup rela mengeluarkan banyak biaya agar tujuanya bisa tercapai. 

Adapun biaya itu yaitu untuk mengembangkan produk, akuisisi user atau beberapa hal lainya yang berkaitan dengan pertumbuhan. Jadi sudah tidak heran lagi jika startup ini sangat royal dalam hal biaya dan juga sangat aktif mencari investor.

Sedangkan UMKM jelas berbeda karena UMKM sendiri bertujuan lebih memilih untuk mendapatkan keuntungan yang bisa dikatakan yang stabil. Jadi tentunya dalam hal ini juga mengalami perbedaan paradigma berpikir antara keduanya yaitu startup dan juga UMKM.

jika UMKM memiliki banyak aset, itu tandanya akan mendapatkan banyak keuntungan. Jika Startup semakin banyak aset yang dimiliki, semakin banyak pula biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya perawatan dan lain sebagainya.

4. Permodalan

Keempat ialah permodalan. Modal yang digunakan UMKM ialah bisa dari sama - sama dari dana pribadi. Sedangkan Startup ini ialah akan mencari investor yang bisa mendanai pertumbuhan yang ingin mereka kejar. Jadi antara Startup dan UMKM jelas berbeda yang mana UMKM akan memutar otak untuk memutarkan modal dari kantong pribadi.

Meskipun berbeda, antara UMKM dan Startup tidak bisa dipisahkan karena memang keduanya bisa saling mengisi antara satu dengan yang lainya. Itulah tadi beberapa perbedaan UMKM dan Startup yang perlu kamu ketahui .

Related Posts