7 Tips Memilih Pintu Minimalis yang Wajib Diketahui

shares |

Rumah juga termasuk sebuah kebutuhan hidup. Hanya saja, posisi rumah merupakan sebuah kebutuhan sekunder. Artinya, Anda bisa memilikinya setelah terpenuhinya kebutuhan yang primer. Namun, siapa sangka bahwa saat ini nilai rumah mengalami pergeseran. Sehingga banyak yang menempatkan rumah sebagai sebuah kebutuhan primer layaknya makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Belakangan, banyak orang tertarik dengan desain rumah minimalis. Berbicara soal rumah minimalis, tentu saja ada banyak sekali desain rumah minimalis yang bisa jadi inspirasi. Mulai dari desain kamar, halaman, dapur, ruang keluarga hingga desain pintu impian.

Bagi sebagian orang, pintu rumah tidak hanya sebagai media untuk keluar masuk rumah saja. Orang Tionghoa misalnya, menganggap pintu sebagai gerbang rejeki. Sehingga posisi dan desain pintu merupakan hal wajib yang harus diperhatikan.

Tips Memilih Pintu Minimalis

Desain rumah minimalis memang merupakan desain popular dalam beberapa tahun terakhir. Maka tidak heran banyak orang yang memang menyukai rumah tipe minimalis karena harga yang murah serta memiliki desain sederhana. Pintu rumah minimalis juga kerap menjadi daya tarik utama, berikut tips memilihnya.

Menyesuaikan Dengan Desain Rumah

Hal wajib yang perlu Anda lakukan ketika memilih pintu rumah adalah menysuaikannya dengan desain rumah tersebut. Kita tahu bahwa ada banyak sekali desain rumah minimalis, mulai dari yang beton, perpaduan kayu atau desain modern lainnya. Dengan demikian, pintu akan terlihat serasi dengan konsep rumah minimalis Anda.

Pilih Model Pintu Simple

Tips yang kedua adalah dengan memilih model pintu yang simple. Ada banyak sekali model pintu yang bagus untuk rumah impian, tapi tidak semua bisa digunakan untuk rumah yang minimalis. Anda bisa menggunakan model kupu tarung atau pintu biasa untuk diaplikasikan pada rumah minimalis Anda.

Jenis Material Terbaik

Karena desainnya yang minimalis, ada baiknya sebisa mungkin Anda mendesain rumah dengan tidak terlalu ribet. Hal ini juga berlaku ketika memilih jenis material pada pintu. Sejauh ini, material kayu masih menjadi jenis material terbaik untuk model rumah minimalis impian Anda.

Memperhatikan Kekuatan Pintu

Meski desain yang minimalis terkesan simple, tapi bukan berarti Anda menyampingkan kekuatan dari pintu tersebut. Sesuaikan kekuatan pintu dengan rumah Anda. Jangan pilih pintu yang berat dan juga terlalu ringan.

Ukuran Pintu Sederhana

Ukuran dari pintu rumah juga kerap menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Untuk jenis rumah minimalis, ada baiknya menggunakan 1 daun pintu dengan ukuran standart saja. Kalaupun menggunakan 2 buah daun pintu, maka upayakan ukurannya tidak terlalu lebar.

Engsel Pintu Yang Bagus

Selain ukuran pintu, engsel pintu juga tidak kalah penting. Ada baiknya, Anda memilih jenis engsel pintu yang ringan. Selain itu, pilih juga material engsel pintu yang tidak mudah aus atau gampang berkarat sehingga nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Warna Pintu

Warna merupakan bagian yang menjadi daya tarik pertama. Kebanyakan rumah memang menggunakan warna hitam atau warna kayu. Tapi, jika Anda ingin menggunakan warna lain, maka hal ini bisa disesuaikan dengan warna rumah yang Anda gunakan. Ada baiknya menggunakan warna yang netral.

7 tips memilih pintu minimalis di atas bisa membantu Anda dalam mendesain rumah impian.

Related Posts