Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

shares |

Saat ini Olahraga bola voli banyak yang menggandrungi. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga bola voli ini terdapat 2 tim di setiap pertandinganya yang mana setiap timnya beranggota enam pemain bola voli.

Setiap tim mendapatkan posisi pemain bola voli yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tugas-tugasnya ketika mereka memainkan bola voli di lapangan saat pertandingan. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang menyukai olahraga ini mulai dari remaja hingga dewasa.







Kamu juga bisa membaca banyak sekali info mengenai olahraga di desabola. Di situs ini akan dibahas secara detail. Bagi pemain pemula, mungkin sebagian mereka hanya bermain saja tanpa mengetahui apa saja tugas di setiap posisi pemain bola voli tersebut.

Padahal seperti yang kita tahu bahwa posisi pemain memiliki tugas yang berbeda-beda agar bisa mendapatkan point dan tentunya akan memenangkan pertandingan bola voli. Nah berikut ini merupakan posisi pemain bola voli beserta tugasnya:

1.      Server

Pertama yakni posisi server. Posisi ini memiliki tugas untuk melakukan servis yang mana menggerakkan bola pertama ketika memulai permainan bola voli. Oleh sebab itu, pemain yang mendapatkan posisi ini dituntut bisa menguasai teknis servis seperti servis bawah dan juga servis atas.

2.      Spiker

Kedua yakni posisi spiker atau biasa disebut dengan penyerang. Posisi ini memiliki tugas untuk melakukan pukulan atau smash bola ke lawan. Hal ini agar tim mendapatkan point.

Oleh sebab itu pemain yang mendapatkan posisi ini dituntut bisa menguasai banyak jenis smash seperti quick smash, smash semi, open smash, drive smash, dummy smash, smash bola 3 meter, smash kijang, smash step L, smash double step dan traight smash.

3.      Tosser

Ketiga yakni posisi tosser atau biasa disebut dengan pengumpan. Posisi ini memiliki tugas untuk mengendalikan serangan tim. Oleh sebab itu pemain yang mendapatkan posisi ini diharuskan memiliki kualitas umpan dan juga kecerdikan ketika memberikan umpan.

4.      Defender / Liberro

Keempat yakni posisi defender atau liberro. Posisi ini memiliki tugas untuk menerima dan juga meredam dari berbagais erangan dari tim lawan dengan cara melakukan passing.

Oleh sebab itu pemain yang berada di posisi ini harus menguasai passing di atas rata-rata. Seperti yang kita tahu passing merupakan suatu gerakan yang dilakukan untuk mengoper bola menuju rekan timnya yang akan dimainkan di wilayah sendiri.

Nah pemain yang berada dalam posisi ini paling tidak harus bisa menguasai jenis passing seperti passing atas dan juga passing bawah.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai posisi pemain bola voli dan tugasnya yang bisa kamu ketahui dan kamu pelajari sebelum kamu ingin terjun dalam olahraga bola voli agar bisa menjadi pemain voli yang professional.

 



Related Posts