7 Tips Mudah Memperbanyak ASI Selama Menyusui

shares

Tips Mudah Memperbanyak ASIBagi seorang ibu yang baru saja melahirkan, biasanya memang diharuskan untuk memberikan ASI pertamanya untuk si mungil agar bisa mendapatkan nutrisi yang lenkap yang dibutuhkan si kecil.

Selain itu dengan cara memberikan ASI kepada si kecil juga bisa mempererat ikatan batin antara si ibu dan si bayi itu sendiri. Namun tak semua ibu produksi ASI nya melimpah dan lancar, ada sebagian ibu yang baru melahirkan kesulitan produksi ASI.


Tidak eprlu khawatir karena saat ini kami memberikan solusi untuk kamu para ibu yang kesulitan memberikan ASI untuk sikecil. Berikut beberapa tips mudah memperbanyak ASI yang bisa kamu lakukan sendiri:

1.      Inisiasi Menyusui Dini / IMD

Tips yang pertama yaitu segeralah lakukan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini untuk bayi yang baru lahir. Jika hal ini dilakukan, biasanya bisa merangsang produksi ASI secara otomatis, apalagi ASI pertama sangatlah dibutuhkan oleh si bayi.

Nah ASI pertama ini biasnaya bewarna kuning yang mana disebut dengan kolostrum. Kolostrum ini memiliki manfaat sebagai pelindung, peningkat daya tahan tubuh dan juga imunitas bayi tersebut.

2.      Sering Menyusui

Tips yang kedua yaitu tingkatkan frekuensi menyusui dengan cara sering menyusui si kecil. Kmau bisa menyusui setiap dua jam sekali ataus etiap bayi kamu merasa haus atau lapar.

3.      Konsumsi Banyak Cairan

Tips yang ketiga yaitu konsumsi banyak cairan. Nah jenis sayuran yang bisa dikonsumsi yaitu air putih , jus buah dan jus sayur yang sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui.

4.      Cukup Kalori

Tips yang keempat yaitu konsumsi cukup ckalori untuk tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa jika asupan kalorinya cukup, tentunya ibu akan secara otomatis bisa memproduksi ASI dengan lancar. Oleh sebab itu, bagi ibu menyusui tidak disarankan untuk diet agar nutrisi yang dibutuhkan oleh si ekcil cukup terpenuhi.

5.      Istirahat yang Cukup

Tips yang kelima yaitu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup bisa menghindarkan ibu menytusui dari stress. Dengan begitu produksi ASI akan bsia lancar.

6.      Konsumsi Makanan Pelancar ASI

Tips yang keenam yaitu kamu bisa mengkonsumsi makanan pelancar ASI. Nah berikut ini daftar makanan yang bisa menambah produksi ASI semakin banyak yaitu daun katuk, daun kelor, gandum, beras coklat, ubi, wortel, yogourt, bayam, asparagus, pare, chia seeds, dan kacang-kacangan.

7.      Memijat Payudara

Tips yang ketujuh yaitu dengan cara memijat payudara. Kamu bisa memijat payudara dengan pelan-pelan. Hal ini perlu dilakukan karena bisa merangsang payudara agar bisa memproduksi ASI lebih banyak dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemijatan untuk payudara dengan pelan atau perlahan yang bsia kamu lakukans etiap hari demi kelancara ASI.

 

Related Posts