Letak Jantung pada Manusia, Bagian dan Fungsinya

shares |

Letak jantung pada manusia, gambar serta fungsi-fungsinya akan dibahas pada pembahasan artikel berikut ini.

Jantung merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang memiliki tugas vital dan sangat penting. Setiap hari jantung memompa darah untuk mengalir ke bagian-bagian tubuh dan tanpa berhenti serta tanpa kita suruh. Masya Allah.

Jantung punya ukuran sebesar kurang lebih sekelalan tangan pemiliknya. Setiap bagian jantung punya tugas dan peran masing-masing.

Memiliki otot-otot yang kuat, jantung terus memompa darah hingga melewati pembuluh darah melalui sebuah kontraksi yang berulang dan juga berirama.

Seperti yang kita ketahui bersama, manusia sangat butuh akan oksegan dan juga nutrisi pada darah kita. Darah akan mengalir ke seluruh tubuh karena dipompa oleh jantung. Darah yang dialirkan juga punya peran untuk menghilangkan sisa-sisa metabolisme tubuh kita.

Punya peran sebagai salah satu sistem pada peredaran darah manusia, tentu saja jantung ini sangat vital dan sangat-sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita. Jantung ini terletak pada rongga dada manusia namun sedikit kearah kiri.

Berikut akan kita bagikan beberapa bagian dari Jantung manusia serta fungsinya. Silakan disimak ya.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya

Dalam setiap bagiannya, mereka punya peran yang berbeda lho. Berikut diantaranya :

Serambi kanan

Bagian pertama jantung yang akan kita bahas yaitu serambi kanan. Ini adalah bagian dari jantung yang memiliki tubas dalam menerima darah yang memiliki kandungan karbondioksida dari seluruh tubuh manusia.

Karena mengandung karbondioksida, darah ini bisa disebut sebagai darah kotor. Dari serambi kanan darah ini akan dipompa menuju ke bagian jantung lain yaitu bilik kanan. Pada serambi kanan ada lubang yang bisa mengalirkan darah secara langsung menuju ke serambi kiri.

Bilik kanan

Bagian jantung kedua yang akan kita bahas yaitu bilik kanan. Bilik kanan ini memiliki peran dalam memompakan darah yang mengandung karbondioksida menuju paru-paru.

Pada proses ini darah kotor yang dipompa menuju paru-paru ini bertujuan supaya karbondioksida tersebut ditukar menjadi oksigen melalui mekanisme pernafasan. 

Bilik kanan terletak di bagian bawah serambi kanan serta di bagian samping bilik kiri.

Serambi kiri

Bagian jantung selanjutnya yaitu serambi kiri. Bagian serambi kiri ini punya peran dalam menerima darah yang mengandung banyak oksigen dari paru-paru kita.

Darah yang mengandung banyak oksigen merupakan darah bersih. Darah bersih ini akan menuju ke serambi kiri melalui vena pulmonalis lalu dipompa menuju ke bilik kiri melalui katup yang disebut sebagai katup mitral.

Bilik kiri

Bagian jantung selanjutnya yaitu bilik kiri. Bilik kiri pada jantung ini punya peran dalam memompa darah yang mengandung banyak oksigen menuju seluruh bagian tubuh manusia.

Bilik kiri terletak dibagian bawah serambi kiri serta dipisahkan oleh sebuah katup yang disebut katup mitral. 

Satu hal yang perlu anda ketahui, bilik kiri ini adalah bagian dari jantung yang memiliki ukuran paling tebal daripada yang lain. Tugasnya yaitu memompa darah bersih menuju seluruh tubuh. Jika tekanan darah sedang tinggi, otot bilik kiri ini bisa membesar serta mengeras.

Katup Jantung

Bagian jantung selanjutnya yaitu katup jantung. Ketika darah dialirkan oleh jantung dengan cara dipompakan disana ada katup-katup jantung yang bisa membuka maupun menutup. Katup-katup jantung ini punya peran dalam mengalirkan darah ke arah yang semestinya.

Ada beberapa katup jantung, diantaranya yaitu :

1. Katup Mitral

Katup ini terletak diantara serambi kiri jantung dan juga bilik kiri. Memiliki dua buah daun katup yang juga disebut sebagai katup bikuspid.

2. Katup Aorta

Katup ini terletak diantara bilik kiri jantung serta batang nadi atau disebut juga aorta.

3. Katup Trikuspid

Katup trikuspid terletak diantara serambi kanan jantung dan juga bilik kanan. Memiliki 3 buah daun katup.

4. Katup Pulmonalis

Katup pulmonalis terletak diantara bilik kanan dan juga arteri pulmonalis.

Nah itulah tadi ulasan mengenai Letak Jantung pada Manusia, bagian-bagian serta fungsi jantung. Semoga bermanfaat.

Related Posts