Jenis Masakan Jawa Paling Disukai

shares |

Jenis masakan jawa paling digemari. Indonesia tidak hanya terkenal dengan orangnya yang ramah, tapi juga kulinernya yang kaya akan bumbu dan pastinya sangat lezat.

Seperti diulas harapanrakyat.com, terdapat beberapa jenis masakan jawa yang paling banyak disukai. Bisa jadi, salah satunya merupakan makanan kesukaan Anda. 

Mie Jawa

Mie jawa atau bakmie Jawa adalah salah satu masakan tradisional jawa yang terdiri dari mie dengan ukuran tebal, kuah kental, irisan ayam kampung, kemudian ditambah dengan telur yang diorak-arik.

Jangan tanya bagaimana rasanya, sebab makanan satu ini sangat gurih dan cocok dimakan kala malam hari dengan teman secangkir teh hangat manis.

Mie ini tidak hanya tersedia dalam varian goreng, tapi juga tersedia dalam varian rebus.

Bakso

Bakso menjadi salah satu masakan jawa kesukaan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Bakso memang menggiurkan dan bisa dinikmati saat malam, dalam keadaan panas atau dalam keadaan hujan.

Masakan jawa ini terbuat dari campuran tepung dengan daging ayam maupun daging sapi yang kemudian direbus hingga matang.

Nah setelahnya, bakso dicampur dengan kuah kaldu, mie, tahu, dan bahan lezat lain.

Nasi Pecel

Jika Anda ingin rekomendasi makanan berat atau mengenyangkan yang layak disantap saat siang hari, coba cari nasi pecel di sekitar Anda.

Nasi pecel adalah nasi yang diberi aneka rebusan sayur seperti kangkung, kacang panjang dan lain-lain, kemudian disiram dengan bumbu kacang pedas.

Ditambah lagi dengan rempeyek atau peyek yang crunchy.

Nasi Gandul

Sudah pernah dengar jenis masakan jawa yang bernama nasi gandul? Makanan ini adalah makan asal Pati yang mirip dengan semur atau gulai.

Rasanya manis gurih dengan potongan daging kambing atau sapi. Setelahnya, diberi telur kecap yang legit.

Nasi gandul ini terbilang istimewa karena biasanya disajikan di atas piring batu dengan daun pisang, sehingga mengeluarkan aroma yang khas.

Gudeg

Makanan khas Jogja ini setidaknya sudah pernah Anda dengar namanya kan? Gudeg merupakan masakan jawa dari bahan nangka muda.

Namngka muda kemudian dimasak dengan santan dan daun jati. Kemudian dimasak hingga kecoklatan selama berjam-jam.

Selain gudeg, akan ditambah krecek atau kerupuk kulit yang dimasak super pedas, suwiran daging ayam dan semur telur.

Garang Asam

Garang asam adalah makanan khas Jawa Tengah. Garang asam merupakan ayam yang dibumbui asam dan pedas, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus selama beberapa saat.

Rasanya sungguh menyegarkan dan cocok dimakan bersama nasi hangat. Selain ayam, garang asam juga banyak dijual dengan ikan laut atau ikan lele.

Setelah membaca jenis masakan jawa di atas, mana yang sudah pernah Anda coba nikmati dan yang paling anda sukai?

Masakan jawa di atas tentunya sangat mudah Anda temukan di berbagai restoran pinggir jalan maupun dalam mall, karena memiliki banyak peminat.

Source Link: https://www.harapanrakyat.com/2020/01/jenis-masakan-jawa-paling-disukai/

Related Posts