Makanan Cina Sedap Menggugah Selera

shares |

Chinese food atau makanan Cina tentu memang punya segi kekhasan tersendiri. Termasuk juga cita rasa dari chinese food ini banyak sekali yang unik. Lalu selain itu, hidangan masakan Cina/ chinese food tersebut sendiri cukup mudah atau bisa akrab dengan rasa lidah orang lokal. Sehingga memang masakan cina ini yang memang bisa cepat untuk diterima banyak masyarakat. Dari setiap negara tentu memiliki kuliner berbeda-beda. Lalu apa saja jenis chinese food yang populer dan dihidangkan pada banyak tempat makan atau resto. Akan dibahas juga secara sederhana cara pembuatannya.

Bebek Peking

Salah satu makanan cina yaitu bebek peking yang bisa anda coba buat. Anda dapat menyiapkan bebek cukup satu ekor dan yang telah dibersihkan. Siapkan juga madu, garam, jahe yang telah diparut, dan juga air. Bahan selanjutnya yaitu adalah untuk bahan saus yaitu gula pasir, kecap manis, garam, air dan juga minyak wijen. Untuk takaran masing masing bahan bisa anda coba cari lewat artikel resep bebek peking.

Cara membuat bebek peking yaitu pertama membuat sausnya lebih dulu yaitu dengan memanaskan lebih dahulu minyak wijen. Selanjutnya masukkan semua macam bahan saus serta aduk hingga mendidih dan cukup kental. Siapkan juga bebek yang tlah dibersihkan dan lalu rebus memakai air mendidih. Kalau dirasa matang, maka angkat dan lalu keringkan. Usahakan lebih baik sekering mungkin, yaitu dengan dilap memakai kain bersih.

Campurkan madu, jahe, garam, dan air dan diaduk serta oleskan di bebek tersebut. Lalu setelah selesai, maka masukkan di dalam kulkas hingga 3 jam. Selanjutnya ambil bebek lalu dimasukkan ke dalam loyang. Siram bumbu saus serta panggang hingga 40 menit (suhu 150 celsius). Setelah selesai, maka daging bebek telah berubah warna, dan angkat serta sajikan.

Jiaozi

Ada juga Jiaozi, yang memiliki bentuk dan rasa yang mirip siomay. Cara membuat hidangan ini yaitu dengan beberapa bahan. Bahan umumnya bisa dengan tepung terigu, garam, tepung sagu, minyak goreng, dan air panas. Sementara bahan untuk isian antara lain yaitu paha ayam (sudah dicincang secara kasar), jamur hioko (sudah direndam serta dicincang kasar), wortel (diparut kasar), jahe (sudah dikupas serta dicincang halus. Bahan isian jiaozi lain yaitu bawang putih (sudah digiling), daun bawang iris halus.

Ada pun bahan saus tiram, saus light soy, minyak wijen, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Bahan lainnya air es, dan tepung sagu. Selanjutnya dalam membuat bahan sausnya, bahannya kecap jepang, bawang putih yang diparut, dan juga jahe parut. Cara membuatnya kurang lebih sama seperti siomay, siapkan bahannya untuk isian lalu diaduk rata semuanya serta ulen hingga rata. Kemudian, disiapkan bahan kulit, yaitu tepung terigu, sagu, serta garam lalu diaduk.

Seduh memakai air panas serta uleni, sambil juga tuang sedikit saja minyak. Setelah proses itu diamkan cukup 15 menit dan kemudian gilinglah bahan kulit dan dibentuk bulat-bulat. Selanjutnya masukkan saja bahan isian ke bahan kulit, dan lalu dilipat dan tutup. Langkah selanjutnya, yaitu rebus Jaozi ini dan tutup hingga matang. Sembari menunggu Jaozi ini matang, maka siapkan bahan sausnya dan diaduk rata. Lalu setelah Jaozi ini matang, maka siramkan dengan memakai saus dan lalu sajikan. Tentu masih banyak lagi chinese food lezat yang lainnya.


Related Posts