Tips Memilih Mukena Anak yang Nyaman

shares |

Memberikan anak pelajaran sholat memang seharusnya dilakukan sejak dini, hal ini bertujuan untuk membiasakan si kecil terlatih sholat. Jika kita telat mengajarinya, yang ada anak akan menjadi malas menjalankan kewajibannya.

Berbicara tentang kewajiban sholat, jika anda mempunyai anak perempuan pastinya anda perlu menyiapkan mukena anak kecil untuknya. Banyak sekali pilihan mukena kecil yang lucu-lucu dengan pilihan warna yang menarik. Namun pastinya anda tidak salah pilih untuk memberikan mukena pada si kecil ya. Berikut akan kami bagikan tips memilih mukena anak yang nyaman. Yang sudah pada penasaran, langsung saja simak tipsnya dibawah ini.


Mukena Dengan Bahan Yang Lembut Juga Adem

Sebelum anda memutuskan untuk membelikan si kecil mukena, pastikan anda memilihkan bahan yang nyaman untuknya seperti bahan yang lembut dan adem pada saat digunakan. Dalam hal ini anda bisa memilih mukena anak dengan bahan katun yang mempunyai kualitas yang baik. Mukena dengan kualitas yang buruk menjadikan anak kurang merasa nyaman, sehingga pengalaman ibadahnya akan terasa tidak menyenangkan.

Mukena Dengan Ukuran Yang Pas

Kebanyakan orang tua pada saat membelikan anak sesuatu pastinya ukurannya dilebihi, hal ini bertujuan agar barang tersebut nantinya masih tetap bisa digunakan hingga anak dewasa. Namun tidak demikian untuk mukena. Mukena dengan ukuran yang terlalu besar atau kecil untuk di anak pastinya membuatnya merasa tidak nyaman. Dalam hal ini penting untuk anda memilihkan ukuran mukena yang pas dengan badan serta usia anak anda.

Mukena dengan atasan yang terlalu besar bisa saja menjadi penghalang pandangan anda. Sedangkan untuk bawahan yang terlalu besar juga bisa menjadikan si kecil terjungkal pada saat mengenakannya.
Namun apabila anda kesulitan dalam mencari ukuran si kecil, anda bisa melakukan permak mukena pada penjahit. Jadi jika nantinya anak sudah tumbuh besar anda bisa membuka jahitan itu lagi.

Mukena Dengan Karet Pada Bagian Pinggang Dan Kepala

Kebanyakan mukena untuk si kecil memang menggunakan karet pada  bagian kepala juga pada bagian pinggang. Dalam hal ini pastikan anda memilihkan ukuran yang pas untuk si kecil, jangan terlalu kencang dan jangan pula terlalu kendor.

Karet mukena yang terlalu kendor akan mengakibatkan mukena mudah terlepas, apalagi untuk anak-anak yang memang sedang aktif-aktifnya. Jikapun kebesaran, pastikan anda menjahitnya sementara. Namun anda jangan menyematinya dengan menggunakan peniti, karena hal ini bisa menusuk si kecil nantinya.

Pilih Mukena Yang Praktis

Selain beberapa hal diatas yang perlu anda perhatikan sebelum membelikan mukena untuk si kecil, anda juga perlu memperhatikan ke praktisan mukena tersebut. Biasanya anak akan lebih bersemangat ke masjid dengan mengenakan mukena barunya.

Pastikan bahan mukena si kecil tidak terasa berat pada saat dibawa dan juga tidak terlalu tebal. Karena anak-anak tidak suka ribet. Maka dari itu anda bisa memilihkan mukena yang mempunyai tas khusus untuknya.

Nah, itulah tadi beberapa tips memilih mukena anak yang nyaman. Semakin nyaman mukena si kecil akan menjadikannya lebih bersemangat lagi dalam beribadah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Related Posts