Manfaat Senam Hamil yang Wajib Anda Tahu

shares |

Manfaat Senam Hamil - Memasuki usia kehamilan pada trimester ketiga tentunya ibu hamil sudah merasakan cemas dan gelisah karena bayi yang ditunggu–tunggu akan segera lahir. Biasanya ibu mengalami banyak gangguan seperti sulit tidur dan merasakan tendangan bayi yang kian keras.

Pada kondisi tersebut, yang hanya diinginkan oleh seorang ibu adalah berbaring ditempat tidur seharian. Namun apabila ibu hamil tidak sering digerakkan, proses persalinan pun akan menjadi lebih sulit.



Maka dari itu, sangat disarankan bagi ibu hamil  untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan yaitu dengan berolah raga. Olahraga yang dilakukan pun perlu disesuaikan, contohnya seperti senam hamil.

Lalu, apa saja manfaat dari senam hamil tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Mengenal Berbagai Macam Manfaat Senam Hamil

·         Mempercepat Persalinan
Tentunya bagi setiap ibu hamil menginginkan persalinan berjalan dengan lancar. Agar hal tersebut bisa terlaksana, maka ibu hamil sebaiknya melakukan senam hamil agar proses persalinan berjalannya dengan cepat.

Hal itu terjadi karena tubuh ibu hamil yang sudah terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat berolahraga atau senam.

·         Mencegah Komplikasi Kehamilan
Beberapa ibu hamil sangat rentan sekali mengalami gangguan seperti diabetes gestasional dan preeclampsia, terlebih bagi wanita yang baru hamil diusia lebih dari 35 tahun.

Menurut beberapa penelitian, senam atau olahraga yang dilakukan setiap peKan menekan resiko diabetes gestasional.
Selain itu, senam juga dapat menurunkan resiko melahirkan secara Cesar. Senam hamil yang dilakukan rutin ini juga untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan ibu hamil.  

·         Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Tentunya setiap ibu hamil pernah merasakan kesulitan untuk tidur. Sulit tidur tersebut dikarenakan rasa cemas yang berlebihan, peregangan tubuh, dan lain sebagainya.  

Karena itu, untuk meredakannya bisa dengan melakukan aktivitas senam hamil secara rutin.

Bila dilakukan dengan tepat,bisa membuat  kualitas tidur yang lebih baik dan juga nyenyak.

·         Membantu Menyiapkan Energi
Bila ingin melahirkan normal, maka sangat dibutuhkan energi akan hal tersebut. Cara yang tepat untuk membantu ibu mempersiapkan energinya adalah dengan melakukan senam hamil.  

Selain itu, manfaat senam hamil pun membuat tubuh terasa bugar sehingga saat ibu melakukan suatu pekerjaan fisik ibu tidak lagi cepat lelah.

·         Mengurangi Stress dan Membangkitkan Suasana Hati

Sudah banyak penelitian yang menemukan olahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk membangun suasana hati dan membuat ibu  hamil merasa lebih bahagia.

Suasana hati yang tenang dan nayaman sangat diperlukan bagi ibu hamil agar bisa melahirkan dengan lancar dan bayi pun sehat.

Oleh karena itu, senam hamil ini sangat disarankan agar ibu merasa lebih baik secara mental dalam menghadapi persalinan nanti.

·         Mengurangi Ketidaknyamanan Saat Hamil
Anda mungkin merasa kurang bugar saat hamil karena sakit punggung, sembelit, perut kembung dan pembengkakan (misalnya pada kaki).

Maka itu luangkan waktu untuk berolahraga sehingga peredaran dalam tubuh menjadi lancar. Olahraga juga dapat memperkuat otot sehingga membantu anda mencegah dan mengatasi nyeri selama kehamilan.

·         Membantu Tubuh Mempersiapkan Kelahiran
Senam hamil dapat membantu persalinan lebih mudah dan memperpendek waktu persalinan. Tubuh akan merasa lebih siap saat persalinan tiba.

Maka dari itu ibu hamil perlu untuk melakukan senam secara rutin. Senam bisa dilakukan di rumah dengan gerakan–gerakan yang sederhana.

Semangat dalam berolahraga ketika hamil memang sangat diperlukan. Tetapi, sebaiknya hindari melakukan olahraga dengan resiko tinggi karena bisa membuat ibu  dan jabang bayi bahaya. Hindari pula jenis olahraga yang memaksa ibu melompat atau melakukan olahraga saat cuaca panas.

Kini ibu sudah tahu manfaat senam hamil yang rutin dilakukan menjelang persalinan. Ibu juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan produk kesehatan lain. Pastikan setiap makanan yang ibu konsumsi bermanfaat bagi ibu dan janinnya.

Nah, itulah dia manfaat dari senam hamil yang wajib diketahui. Semoga bisa membantu para ibu hamil. Jangan lupa untuk para ayah, agar selalu mensupport istrinya serta mendampinginya ketika senam hamil. Semoga bermanfaat.

Related Posts