Kelebihan Susu Soya Jika Dibandingkan Susu Sapi

shares |

Biasanya susu yang banyak beredar adalah susu yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing. Namun ternyata susu yang mengandung portein dan kadar hewan  rendah juga terdapat pada susu kedelai atau disebut dengan susu soya

Kedelai sendiri biasanya digunakan sebagai bahan dasar tempe atau pun tahu. Ternyata selain untuk bahana makanan tersebut bisa dijadikan pula sebagai susu.

 

Susu soya ini baik untuk sebagian orang, terutama yang memiliki alergi pada susu sapi.
Dengan adanya susu kedelai ini jauh lebih mudah mendapatkan makanan sehat.

Dewasa ini juga banyak orang telah beralih dari susu sapi pada /susu soya karena rasanya enak dan memiliki kadar lemak yang rendah.

Adapun keunggulan susu soya adalah sebagai berikut;

1.      Kaya lemak tak jenuh 

Mendengar kata lemak mungkin akan terlintas bahwa hal tersebut bisa membuat badan kita gemuk.

Namun semua itu adalah anugerah Tuhan, tidak semua yang ada di tubuh kita adalah buruk. Seperti lemak, ada lemak tak jenuh yang ternaya memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

Manfaat lemak tak jenuh sendiri adalah untuk mengatasi peredaran darah, mengurangi resiko detak jantung, dan menurunkan berat badan.

Lemak tak jenuh ini dapat ditemukan pada sayuran dan kacang-kacangan contohnya seperti susu soya ini.

2.      Beresiko Kecil Terkena Kanker

Dengan rajin mengonsumsi susu soya memiliki mafaat beresiko kecil terkena kanker.

Seperti yang diketahui bersama, kaner merupakan penyakit yang belum bisa disembuhkan. Cara tumbuh kembang kanker dalam tubuh kita  begitu cepat sehingga kecil kemungkinan untuk sembuh.
Pemicu kanker bisa disebabkan oleh pola hidup dan asupan makanan yang ada serta kondisi lingkungan.

Untuk menyeimbangkan antara asupan makanan bergizi yang masuk, susu soya ini bisa membantu untuk mengurangi resiko tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Terutama kanker payudara yang dialami wanita  dan kanker prostat yang dialami oleh pria.

3.      Mengandung Protein Nabati

Protein merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kesehatan tubuh agar fungsi organ di dalam tubuh bisa tetap berjalan dengan baik.

Protein nabati  ini berasal dari sayuran dan kacang-kacangan. Salah satunya adan pada susu soya.

Protein nabati sendiri bisa menjadikan kenyang lebih lama sehingga sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang diet.

Protein nabati juga baik bagi kesehatan jantung dan kesehatan setelah mengalami menopouse. Bila mengonsumsI susu soya dan mendapatkan protein nabati yang baik tubuh pun akan mendapatkan keseimbangan yang baik.

4.      Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang


Susu soya ini memiliki kandunga kaya akan vitamin sehinga bermanfaat untuk kesehatan tulang, terutama untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Seperti yang diketahui bersama, tulang ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya tulang  menjadi pengokoh dalam segumpal daging sehingga tulang pun perlu nutrisi agar tetap menopang tubuh dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Selain bermanfaat untuk anak-anak, susu soya ini juga baik bagi kesehatan  orang tua. Maka dari itu, konsumsilah susu soya yang memiliki manfaat terbaik untuk tulang.
  
5.      Menurunkan kolestrol
Kolestrol adalah sebuah lemak yang menyerupai lilin yang jika tertimbun dalam tubuh akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Salah satunya adalah bisa menurunkan fungsi organ dalam tubuh dan banyak penyakit yang berdatangan karena pola hidup juga asupan makanan yang terlalu banyak kolestrol.

Salah satu efek yang paling berbahaya dari kolestrol adalah adanya darah tinggi yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan bisa berujung pada kematian.

Maka dengan minum susu soya ini bisa menurunkan kadar kolestrol yang ada dalam tubuh dan mencegah segala penyakit yang masuk karena vitamin yang terkandung di dalamnya serta protein yang membantu menurunkan kolestrol.

Untuk mendapatkan susu soya sendiri, saat ini sudah banyak tersedia di supermarket maupun toko online. Rasa susu soya pun sangat enak tidak kalah dengan susu sapi lainnya.

Bahkan ada beberapa produsen yang memodifikasi susu soya tersebut dengan berbagai rasa tambahan yang membuat susu soya semakin segar.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai keunggulan susu soya dibanding susu sapi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Related Posts