Wisata Danau Toba, 15 Objek, Tempat, Spot Wajib Dikunjungi

shares |

Wisata Danau Toba, 15 Objek, Tempat, Spot Wajib Dikunjungi  - Danau Toba merupakan danau terluas dan terbesar di negara kita Indonesia. banyak sekali keindahan Danau Toba ini yang harus banget kamu nikmati. Buat kamu para traveller Danau Toba bisa dijadikan list untuk traveling kamu loh, letaknya di Sumatera Utara.

Di tengah Danau Toba ini ada hal yang menarik karna terdapat Pulau Samosir, keindahan yang tiada tara sayang banget kan kalau kamu melewatkannya. Danau Toba ini sangat luas bahkan terliat seperti lautan, eitss tapi bukan laut yaa hehe.

Buat kamu yang ingin traveling kesana, saya akan kasih list beberapa tempat indah yang ada di sekitar Danau toba. mari simak listnya :)

1. Pantai Paropo : berasa di Ranu Kumbolonya Sumatera 

Pantai Paropo ini terletak di Desa Paropo tepatnya kecamatan Silahi Sabungan di kabupaten Dairi provinsi Sumatera Utara. Pantai Paropo ini memiliki keindahan dan sensasi seperti di Ranu Kumbolo tapi letaknya di Sumatera Utara.
Buat kamu yang suka camp atau mancing mania recomended banget ini tempat selain menikmani keindahannya kamu juga bisa menyalurkan hobi kamu sambil bersenang-senang di Paropo ini tapi harus bawa perlengkapan pancng sendiri yaa, karna belum ada tempat yang menyewakan alat-alat pancing disini.
Buat kamu yang ga begitu suka camp, di Paropo ini ada juga loh penginapan dengan harga yang cukup ekonomis berkisar dari 200 ribu sampai 500 ribu setiap malamnya. Lokasi penginapannya pun dengan dengan Danau jadi kamu bisa banget menginap dan menikmati keindahan di pagi harinya tanpa harus ribet-ribet camp dulu.

Baca juga : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Taman Simalem Resort, Nikmati Danau Toba Dari Ketinggian


2. Desa Tuktuk Siadong 

Di tengah danau terdapat pulau samosir dan disana ada tanjung kecil yang begitu indah dan kamu jangan sampai melewatkannya yaa mumpung masih ada disini :)
Nah, di Desa Tuktuk Siadong ini kamu bisa menikmati danau layaknya penduduk asli sini loh. Pokoknya jangan lewatin buat menginap disini dan merasakan keindahannya.
Desa Tuktuk Siadong ini terletak di kecamatan Simanindo tepatnya di kabupaten Samosir Sumatra Utara. Dari tempat ini kamu bisa menikmati keindahan tepi danau, sudah banyak review yang bagus banget dari traveler untuk tempat ini jadi nggak usah ragu untuk mampir ke Desa Tuktuk Siadong yaa.

Mayoritas agama disini adalah kristen dan katolik, tapi buat kamu yang agamanya muslim nggak usah khawatir karna banyak juga terdapat rumah makan muslim disini jadi dijamin makanan yang kamu makan halal deh insya Allah.

Disini menawarkan banyak sekali olahraga air seperti jetski, kano memancing ataupun berenang dan suasana disini sejuk adem layaknya berada di pegunungan. Nah, untuk penginapannya pun cukup beragam bahkan ada yang berhadapan dengan pantai ekslusif atau kamu bisa menikmati tepian danau langsung dan harga hotel atau homestaynya pun cukup beragam berkisar dari 100 ribu sampai 500 ribuan/ malam tergantung spot dan fasilitas kamar yang ditawarkan.

3. Museum Batak

Museum Batak ini bentuknya mirip dengan rumah adat batak. Di museum ini tidak ada tarif khusus untuk masuk kesini hanya ada kotak sumbangan dan kamu bisa mengisinya sesuai hati nurani kamu. Di Museum Batak ini terdapat baju adat, senjata sampai alat rumah tangga orang batak terdahulu dan semuanya itu bisa kamu pakai untuk didokumentasikan



Nah, untuk pembelian oleh-oleh kamu bisa membelinya sebelum kamu kembali lagi ke pelabuhan. Namanya juga sama wisatawan suka dimahalin harganya jadi kamu harus pinter-pinter nawar harganya biar harga oleh-olehnya nggak dimahalin.

Sekedar pemberitahuan kalau lewat jam 7 malem itu udah nggak ada kapal yang bisa bawa kamu ke parapat, apalagi kamu numpang sama kapal motor reguler atau kapal feri. Usahakan kalau udah mulai gelap kamu segera bergegas kembali yaa jangan terlalu lama di Desa Tomok nanti sulit untuk kembali kalau malem karna tidak ada akses kendaraan.

4. Pemakaman Raja-raja kuno Batak

Di tempat pemakaman ada tiga raja dari keturunan Sidabutar, makamnya ini terlihat ada peti dan terdapat ukiran kepala manusia. uniknya petinya itu tidak dikubur dalam tanah tapi berada di atas permukaan tanah .

5. Patung sigale-gale

Sigale merupakan salah satu boneka yang menari sendiri atau bisa bergerak sendiri. yaa kalau di jawa kita biasa menyebutnya wayang orang. Kalau bonekanya tidak bergerak kamu bisa membayar para penari sekitar 200 ribuan untuk melihat pertunjukkan patung sigale-gale.

Saat kamu berkunjung kesini biasanya warga akan meberi tarian Tor-tor dan tarian sigale-gale. semoga kamu bisa beruntung saat kesana dan disambut tarian itu oleh warga.

6. Bukit Indah Simarjarunjung

Dari bukit indah simarjarunjung ini kamu bisa menikmati indahnya danau toba dari atas. pokonya nama bukit ini memang seindah penampakan aslinya, pokonya indaaah banget deh dan recomended untuk kamu yang lagi travelling. Bukit ini dibuka dan diresmikan pada tahun 2016 dan bukit indah ini sudah banyak didatangi oleh para warganet.


Dari Bukit Indah Simarjarunjung kamu bisa menikmati danau toba dari ketinggian dan banyak lagi pemandangan yang bisa kamu nikmati disini seperti bukit-bukit hijau yang langitnya begitu biru begitu nemanjakan mata kamu, sawah-sawah, kebun kopi dan lainnya. Bukit ini kalau dilihat-lihat memang nampak seperti wisata Kalibiru yang ada di yogjakartaada banyak rumah pohon dan ada juga loh rumah pohon cinta dan ini salah satu spot yang disukai anak zaman now hehee.


7. Bukit Holbung

Bukit Holbung ini terletak di Desa Janji Marhatan tepatnya di kabupaten Samosir. Dari bukit ini kamu bisa menikmati keindahan dan pesona danau toba. Bukit Holbung ini banyak orang yang mengenalnya sebagai bukit teletubbis kayak bukit yang ada di malang tepatnya Bromo. Banyak para wisatawan yang datang dan berkunjung kesini untuk menulusuri jalan atau bukit. kamu nggak usah takut yaa untuk mencapai ke puncak kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menitan jadi nggak bakal takut kejauhan atau kelamaan dijalan. Track jalan menuju puncak memang melewati jalan setapak dan kamu akan banyak menemukan gulma bukit di sekitaran jalan. Tapi semua lelah itu akan terbayarkan oleh pesona dari puncak bukit indah ini yang sangat memukau dan indah sekali. Pastikan kamu main kesini yaa kalau mampir ke Danau Toba.


8. Pusuk Buhit, Samosir

Pemandangan luar biasa di tempat asal muasal suku batak di Pusuk Buhit samosir. Pusuk buhit ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan tinggi gunungnya kurang lebih 1980 m dari atas permukaan laut.


Terkenalnya Pusuk Buhit ini karena cerita urbannya, dan jangan salah sudah banyak wisatawan yang berkunjung kesini karena gunung pusuk ini dikelilingi beberapa desa. 

9. Air Terjun Turunan Bolon/ Air Terjun Naga

Air terjun turunan bolon atau lebih dikenal Turbo atau air terjun naga, yang terletak di daerah yang masih sangat bersih dan asri yaitu di daerah desa holbung tepatnya di kecamatan Bandar Pasrir mandoge di kabuoaten asahan. banyak sekali pohon-pohon hijau yang menghiasi tebing ini. airnya bersih, dingin dan jernih. Kalau cuacanya hujan airnya semakin jernih dan juga dingin loh, pokoknya kalau dateng kesini pasti akan terkesima . Yuk coba masukkan list air terjun ini dan jangan lewatkan untuk berkunjung kesini yaa. 

10. Air Terjun Binanga Bolon

Air terjun yang satu ini merupakan air terjun yang berada di kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir tepatnya di kabupaten simalungun. nah, kalau air terjun ini lokasinya ada di daerah yang tempatnya nggak jauh dari rumah warga dan cukup dkat juga dari danau toba, pokoknya kalau kamu datang ke air terjun ini kamu akan menikmati banget suana dan keindahan yang luar biasa apalagi saat kamu mau menuju kesini kamu akan melewati jalan dekat pinggir danau toba, pokoknya dijamin menyenangkan dan bisa banget cuci mata.


11.Air Terjun Situmurun Binangalom

Asal mula air terjun situmurun yang disebut air terjun binangalom karena air yang mengalir asalnya dari salah satu desa di kecamatan lumban julu yaitu desa binangalom nama kabupatennya Toba samosir. Air terjun yang satu ini dapat menyejukkan hati loh, karna kata binangalom sendiri asalnya dari sebuah sungai yakni lum lum atau lom yang dalam bahasa orang batak ini artinya air penyejuk hati. nah, air ini jatohnya langsung ke danau toba loh dan kamu bisa banget menikmati air disini dengan melawan arus air terjun ini. yuk main kesini.

12. Inna Parapat Hotel

Di pinggir danau toba ada semacam tempat yang berbentuk bungalow dan ini merupakan salah satu hotel dan penginapan yang hits karena sering dipakai oleh atlit indonesia yang biasanya akan berlomba dan tanding seperti acara asian games, sea games atau bahkan PON. Di hotel yang legendaris ini ada miniatur negeri belanda loh, pokoknya indah banget deh. 

13. Puncak Sidiangkat Sidikalang

Di tempat ini banyak sekali tempat poto yang unik seperti sarang burung yang besar alias raksasa dan yang lebih indahnya lagi adalah keindahan dari latarnya yang begitu alami dan asri seperti pohon-pohon yang hijau. pokoknya kamu harus coba mampir kesini karena dijamin udaranya sejuk dan asri banget deh cocok untuk cuci mata dan menghindari polusi udara. 

14. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan salah satu tempat yang penuh dengan keindahan alam dan bersanding bersamaan dengan warisan dari leluhur. ada 2 sungai yang membelah tempat satu ini airnya deras sekali dan salah satu sungai itu adalah sungai terbesar dan cukup dominan yaitu Aek Silang yang sumber airnya dari air terjun dari bukit. sungai yang kedua yakni sungai Aek Simangira, sungai ini lebih kecil dan sama-sama sumber airnya dari air terjun perbukitan.



15. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging


Baca juga : Rute Dan Lokasi Bukit Indah Simarjarunjung Sumut, Wisata Kekinian Di Simalungun

Kebun bunga ini adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan dari penginapan yang berasa di pinggiran Danau Toba. Tempatnya indah dan romantis, tenang juga damai apalagi darisini kita bisa merasakan kesejukkan yang tiada duanya selain melihat keasrian kebun bunga juga melihan danau toba. pokoknya sempurna banget lah apalagi buat kamu yang lagi falling in love hihi.

Related Posts