Rute dan Alamat Wisata Air Terjun Tirtosari Sarangan Magetan

shares |

Rute dan Alamat Wisata Air Terjun Tirtosari Sarangan Magetan - Liburan adalah hal yang sangat penting kita lakukan setelah lelah beraktifitas di dalam ruangan. Hal tersebut agar kita tidak sumpek dan tidak mudah stres. Liburan adalah salah satu cara untuk meredakan stres dan menghilangkan kepenatan bekerja terus menerus. Sehingga, otak kita akan kembali fresh dan siap untuk bekerja kembali dengan semangat yang sudah kembali. 

Jika anda kebetulan sedang berada di daerah Magetan, entah karena memang sedang ada pekerjaan, sedang jalan-jalan atau sedang mengunjungi teman, jangan lupa untuk mampir ke Air Terjun Tirtosari, kebanggan orang Magetan. Air Terjunnya sangatlah indah dan tertata rapi sedemikian rupa dan sangat layak untuk dijadikan tempat wisata. Lupakan wisata air terjun yang jalannya tidak sulit dan terjal. Karena memang di Magetan juga, Air Terjun Tirtosari ini tidak mudah dicapai karena harus jalan kaki lumayan jauh.


Baca Juga : Info Harga Tiket Masuk Lembah Gunung Madu Boyolali Jawa Tengah dan Rute


Magetan adalah salah satu nama kabupaten di Jawa Timur. Magetan memiliki tempat wisata yang sedang hits baru-baru ini bernama Air Terjun Tirtosari. Air terjun Tirtosari masih merupakan kawasan Telaga Sarangan. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, namun sangat seru dan indah sekali. Dan kali ini kami akan bagikan artikel menarik untuk anda tentang air terjun ini yaitu rute dan alamat wisata air terjun Tirtosari Sarangan magetan.

  • Rute dan alamat Wisata Air Terjun Tirtosari Sarangan Magetan 

Wisata air terjun Tirtosari terletak di Dusun Ngluweng, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan yang berada di Jawa Timur. Untuk mencapai air terjun Tirtosari kita benar-benar butuh perjuangan. Karena medannya yang cukup sulit dicapai. Kita harus berjalan kaki sekitar satu kilometer untuk bisa sampai di air terjun Tirtosari Sarangan Magetan ini. Jadi, jika ingin pergi ke wisata air terjun Tirtosari, diharapkan anda persiapan fisik yang bagus. Agar bisa sampai dengan selamat dan sehat. Dan juga siapkan makanan dan minum yang cukup, agar tidak kehausan saat akan menuju air terjun ini. Diusahakan juga berangkat pagi-pagi agar saat berjalan tidak terlalu panas.

  • Apa yang Menarik di Wisata Air Terjun Tirtosari Sarangan Magetan?
Perjalanan sejauh satu kilometer tentu bukan perjalanan yang pendek, lantas kenapa ya orang-orang ingin berlelah-lelah untuk berangkat ke sana? Ada apa sih di Air Terjun Tirtosari sampai orang-orang rela berangkat pagi-pagi dan berjalan kaki 1 Km? Tidak lain hal tersebut dikarenakan daya tarik wisata Air Terjun Tirtosari yang sangat luar biasa. 

Di jalan banyak sekali pohon pinus yang cantik yang menghijau di sisi perjalanan kita. Sehingga membuat mata kita kembali sejuk dan bisa merasakan udara segar dan bau pinus yang menyegarkan pandangan dan pernafasan kita. Perjalanan sejauh 1 KM tidak akan terasa dengan suasana yang sangat menyejukan itu. Sebab, dengan melihat pemandangan alam yang hijau dan menghirup udara yang segar akan membuat kita menghilangkan stres. Udara yang sejuk adalah udara yang selalu dirindukan oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Sehingga menenangkan diri dengan berjalan ke daerah perbukitan sangatlah disarankan.

Selain itu, area Air Terjun Tirtosari tertata dengan sangat apik. Sehingga sangat indah dipandang mata apalagi untuk mengambil foto. Untuk anda yang sangat suka fotograpi, banyak spot bagus yang bisa anda ambil di area air terjun Tirtosari. Dan anda yang suka selfie pasti ingin segera menguploadnya di Instagram, karena area tersebut sangat indah dan instagramable banget.

Tetapi, jika anda ingin berkunjung ke Wisata Air Terjun Tirtosari disarankan pada waktu musim hujan atau awal-awal musim kemarau. Karena volume air akan cukup bagus di waktu-waktu tersebut. Dan hutan pinus akan lebih sejuk dan hijau ketika musim hujan dan awal musim kemarau. Sehingga, rasa capek setelah jalan kaki tidak akan terasa lagi.

  • Fasilitas di Wisata Air Terjun Tirtosari
 Dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar, Wisata Air Terjun Tirtosari menjadi semakin terawat dan memiliki banyak fasilitas yang sudah dibenahi. Hal tersebut karena memang sudah banyak wisatawan yang datang ke Wisata Air Terjun Tirtosari ini. Dan membutuhkan banyak fasilitas. Maka dari itu, berbagai fasilitas di sini sudah tersedia.

Anda yang muslim, tidak perlu khawatir tidak menemukan tempat beribadah saat datang ke aera wisata air terjun Tirtosari. Karena ada mushola yang bisa anda gunakan untuk beribadah. Selain itu, untuk ganti pakaian anda juga sudah bisa memakai toilet yang ada di aera sana, sehingga aman dari gangguan orang-orang dan tidak malu. Selain itu, setelah berjalan cukup jauh pastinya anda kelelahan, dan jangan khawatir jika bekal habis di perjalanan, dan tidak cukup makanan. Karena sudah tersedia banyak warung yang bisa mengisi perut anda yang kelaparan dan kehausan.

Bukan hanya itu loh fasilitas yang tersedia di air terjun Tirtosari. Mereka juga punya fasilitas outbond dan bumi kemah yang biasa digunakan untuk berkemah mahasiswa atau siswa. Itulah sebabnya wisata air terjun Tirtosari sangat terkenal dan banyak pengunjungnya.

Baca Juga : 17 Spot Tempat Wisata di Tulungagung yang Bikin Pikiran Tenang


Itulah rute dan alamat wisata air terjun Tirtosari Sarangan magetan yang bisa kami sajikan untuk anda. Bermain ke air terjun tentu lebih membuat kantong hemat. Apalagi jika anda orang Jawa Timur. Karena memang wisata alam biasanya lebih membuat hati dan fikiran menjadi lebih tenang. Selamat jalan-jalan dan selamat liburan.

Related Posts