17 Spot Tempat Wisata di Tulungagung yang Bikin Pikiran Tenang

shares |

Spot Tempat Wisata di Tulungagung yang Bikin Pikiran Tenang - Tulungagung mungkin tidak setenar kota di Jawa Timur lainnya seperti Surabaya dan Malang. Begitu pun dengan tempat-tempat wisatanya yang tak banyak orang mengenalnya. Tulungagung ialah sebuah kota yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur, dimana jarak dari kota Surabaya kurang lebih 154 km. Kota ini berbatasan langsung dengan Kota Blitar, Kota dimana Bung Karno sang Proklamator disemayamkan.

Sebagai kota kecil di Jawa Timur banyak orang tak mengenal spot wisata elok yang bikin pikiran adem di kota ini. Nama Tulungagung berasal dari dua kata, yaitu “Tulung” dan “Agung” yang memiliki arti mata air dan besar karena memang dulunya daerah ini dikenal sebagai rawa-rawa. Jika Kamu mampir ke Tulungagung jangan lewatkan untuk di beberapa  Spot Tempat Wisata di Tulungagungya guys. Nah 17 Spot Tempat Wisata di Tulungagung yang Bikin Pikiran Tenangini wajib menjadi destinasi Kamu deh.




17 Spot Tempat Wisata di Tulungagung
  1. Gunung Budeg. Kamu yang memiliki hobi hiking wajib banget deh mengunjungi gunung ini. Track gunung ini cukup menantang guys, Kamu akan dihadapkan dengan tebing dan semak-semak berduri. Walaupun jalan ke puncak terbilang sulit, namun Kamu puas tak terkira ketika mencapai puncak. Dari sana Kamu dapat menikmati indahnya kota dari ketinggian serta pemandangan sekitar yang merupakan lampu rumah-rumah penduduk dan gemintang di malam hari.
  2. Pantai Popoh. Ini salah satu wisata favorit di Tulungagung. Saat libur sekolah dan libur idul fitri tiba tempat ini selalu ramai dipadati pengunjung. Jaraknya hanya 30 km dari Kabupaten Tulungagung. Pantai ini terletak di sebuah teluk sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Tebing-tebing yang indah menjadi penyempurna keindahan panatai ini. Kamu juga bisa tuh menikmati perahu nelayan sebagai upaya untuk lebih menikmati perairan pantai Popoh ini guys.
  3. Pantai Lumbung. Surga di Tulungagung berikutnya tersembunyi di Kecamatan Pucanglabang. Akomodasi yang kurang mendukung membuat pantai ini masih asri dan sepi dari pengunjung. Untuk menuju pantai Lumbung Kamu akan melewati pantai-pantai lain di Tulungagung yang berjejer, tambang udang, serta pemancingan area pantai.
  1. Pantai Pathok Gebang. Kamu yang hobi berpetualang dan menyaksikan pemandangan eksotis cocok banget nih jika berkunjung ke panatai ini, karena di sini dikelilingi oleh tebing-tebing. Ketika Kamu sampai lokasi, Kamu akan disambut dengan deburan ombak yang menabuh tebing-tebing di sekelilingnya. Iramanya bikin Kamu gak mau pulang deh guys.
  2. Pantai Sanggar. Desa Jengglungharjo adalah tempat keberadaan pantai primadona di Tulungagung ini. pasirnya yang putih, lembut, serta bebas dari sampah menjadi daya tarik utama pantai ini. Kamu juga bisa menyaksikan indahnya sang surya terbit dan terbenam di di salah satu tempat wisata di Tulungagung ini.
  3. Pantai Ngalur. Pantai ini benar-benar bakal bikin pikiran Kamu tenang deh guys. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Sanggar. Sama halnya dengan di Pantai Sanggar, Pantai Ngalur dihiasi dengan hamparan pasir putih serta air laut yang jernih. Hanya saja ombak di pantai ini sedikit lebih besar. Cocok banget deh buat Kamu yang suka camping. Tidak jauh dari sana terdapat muara sungai yang jernih dan tawar yang bisa Kamu gunakan untuk bersih-bersih.
  4. Pantai Kedung Tumpang.pantai di Tulungagung yang satu ini lagi viral nih di internet guys. Pantai ini memang sedikit berbedai dari pantai di Tulungagung lainnya. Ia dihiasi dengan kolam-kolam kecil dari karng yang dikenal dengan laguna. Laguna ini nampak seperti kolam renang alami di tepi lautan yang akan terasa sangat menyejukkan jika Kamu berenang di dalamnya sambil memandang laut lepas.
  5. Goa Gembyang. Goa ini terdapat di perbatasan Tulungagung dan Mojekerto. Bakal jadi destinasi seru untuk Kamu yang suka menyusuri rimbunnya hutan dan tantangan menyusuri gelapnya gua. Goa ini dianggap keramat oleh masyarakat sekitar, jadi Kamu gak perlu heran saat mengunjungi gua tersebut mencium bau-bau mistis guys. Uniknya goa ini dibekali dengan 2 anak goa, yakni Goa Putri dan Goa Maling.
  6. Goa Selomangleng. Goa menarik ini merupakan goa buatan lho guys. Goa ini menyerupai ceruk dengan bentuk miring. Letaknya cukup terpencil sih guys, terletak di lereng gunung Walikukun.
  7. Goa Pasir. Gua yang terkenal di kalangan muda-mudi ini juga merupakan gua buatan. Di sekitar gua terdapat makam kuno yang populer dengan makan Mbah Bodho, juga berbagai peninggalan sejarah meliputi arca, padma, dan bangunan miniatur kuno yang kini tak terawat lagi.
  8. Pantai Klatak. Pantai ini belum tersentuh oleh pembangunan, karena akses menuju pantai ini sangat sulit.
  9. Air Terjun Lawean. Untung mencapi lokasi ini Kamu haris berjalan kaki mencapai 3 jam dari Desa Sendang dengan medan yang terbilang sulit dan terjal.
  10. Tebing Banyu Mulok.Di sana Kamu akan disuguhi hamparan rumput yang hijau yang berkombinasi dengan birunya lautan.
  11. Bukit Cemenung.Kamu yang suka berkemah bisa banget nih memilih tempat ini sebagai lokasi kemah Kamu.
  12. Candi Penampihan. Merupakan candi hindu kuno peninggalan Kerajaan Mataram.
  13. Pantai Brumbun.
  14. Pantai Sine. Merupakan pantai alam yang berbentuk teluk.

Itulah 17 Spot Tempat Wisata di Tulungagung yang Bikin Pikiran Tenang.

Related Posts