Biaya Dan Cara Ke Wisata Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

shares |

Biaya Dan Cara Ke Gili Ketapang Probolinggo - Ada banyak pulau pulau kecil yang tersebar di sekitar pulau madura. Salah satunya adalah pulau gili ketapang yang masuk wilayah Probolinggo. Pulau kecil yang satu ini kerap jadi pilihan warga jawatimur untuk berlibur. Ombaknya yang landai ciri khas laut utara serta memiliki air jernih membuat aktivitas snorkeling kian menarik. Bibir pantainyapun dipenuhi oleh pasir puith sehingga asik banget buat "diajak" bermain.

Lokasi gili ketapang terletak sekitar 8 km dari Pantai utara Probolinggo. Setidaknya butuh waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk menyebrang dari pelabuhan ujung tembaga. Luas gili ketapang sendiri sekitar 68 hektar serta berpenduduk sekitar 8 ribu jiwa. Hampir semua penduduknya adalah suku madura. Dari asal usulnya, nama gili ketapang inipun menyisakan cerita tersendiri.
Biaya Dan Cara Ke Wisata Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur
Biaya Ke Wisata Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur
Konon, antara daratan probolinggo dan gili ketapang hanya dipisahkan oleh sungai. Setelah gempa mengguncangnya, pulau ini bergeser ke tengah laut hingga sejauh 5 mil. Oleh sebab itulah kemudian dinamakan gili ketapang. Dalam bahasa setempat gili memiliki arti mengalir dan ketapang adalah nama dari desa. Jadi bisa diartikan sebagai desa ketapang yang mengalir (bergeser). Sampai saat inipun banyak yang berpendapat, pulau kecil tersebut terus bergeser ke tengah laut.
Biaya Dan Cara Ke Wisata Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur
Lokasi  Gili Ketapang Probolinggo

Biaya Ke Gili Ketapang Probolinggo

Untuk masuk ke lokasi gili ketapang ini tidak dipungut biaya. Para wisatawan hanya perlu membayar biaya penyebrangan saja. Kamu bisa berangkat dari pelabuhan tanjung tembaga menggunakan kapal motor yang beroperasi dari pukul 08.00 sampai 16.00. Bahkan biaya penyebrangan ke gili ketapang sangatlah terjangkau yakni Rp 10 ribu sekali jalan. Jika gak mau ribet, bisa memilih paket wisata gili ketapang. Dengan mengeluarkan budget tak sampai Rp 100 ribu kita sudah mendapatkan fasilitas penyerangan PP, guide, makan siang dan juga snorkeling. Asik kan?

Cara Menuju Wisata Gili Ketapang Probolinggo

Secara administratif, gili ketapang masuk dalam wilayah kecamatan sumberasih, kabupaten probolinggo jawa timur. Satu satunya rute ke gili ketapang adalah via pelabuhan tanjung tembaga. Jadi kalau sudah sampai pintu gerbang, belok ke kiri dan menuju area parkir. Selanjutnya jalan kaki ke pelabuhan dan pesan kapal penyebrangan ke gili ketapang.

Fasilitas Di Gili ketapang

Karena gili ketapang adalah pulau berpenghuni, jadi fasilitas publik tentunya tersedia. Dari kamar mandi, toilet, warung makan semuanya ada. Warung makan disana sebagian besar menyajikan menu ikan dan seafood. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa menuju ke goa kucing yang merupakan petilsan dari sunan giri. Di dekat petilasan tersebut ada penginapan yang bisa kamu tempati secara cuma cuma. Cukup bayar uang seiklasnya saja untuk bermalam disitu.

Demikian tadi biaya ke wisata gili ketapang probolinggo. Gimana cukup murahkan? Kalau mau enak sih pilih paket wisata gili ketapang saja, biar nggak ribet. Oh ya kalau kesana sebaiknya bawa sunblock mengingat cuacanya lumayan panas. Baiknya berangkat sejak pagi hari, supaya gak panas kalau mau snorkeling/ berenang.

Related Posts