Lokasi Dan Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan, Kebun Raya Terbesar Di Indonesia

shares |

Lokasi Dan Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan (KRK)– Kuningan merupakan salah satu daerah konservasi di jawa Barat. Hal itu semakin dimantapkan dengan keberadaan KRK yang sudah dibangun sejak 2014 lalu. Dengan total luas sekitar 156 hektar menjadikanya sebagai kebun raya terluas dan terbesar di Indonesia. Dan ini menjadi kebun raya pertama yang murni buatan Indonesia. Selama ini kebun raya yang berada di Indonesia adalah peninggalan colonial.

Lokasi kebun raya kuningan ini berada di kaki gunung ciremey sehingga udara disana cukup sejuk. Sebenarnya tahun 2015 lalu, wisata konservasi tersebut sudah dibuka. Hanya saja karena masih perlu pembangunan lebih lanjut, tahun 2016 kembali di tutup. Kemudian di tahun 2017, KRK kembali dibuka. Sayangnya belum genap satu bulan lagi lagi ditutup. Hal ini lantaran pengunjungnya yang membludak sampai merusak tanaman serta masih kurangnya persiapan. Akhirnya di awal tahun 2018 ini kebun raya kuningan akan dibuka kembali.

Lokasi Dan Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan
Memang di kebun raya kuningan masih ada banyak lahan kosong, berbeda dengan kebun raya bogor yang memiliki koleksi sangat komplit. Kendati demikian kamu bakal dibuat takjub dengan view perbukitan dan pepohonan yang rindang. Tak hanya itu saja, di lokasi KRK telah dibangun beberapa taman tematik seperti rock garden, taman endmik ciremai, taman kuning taman awi, green house, taman tematik mangga dll. Dari beberapa zona tematik tersebut, taman kuning rupanya cukup banyak menyita perhatian. Pasalnya taman yang satu ini dihiasi dengan bunga begonia yang berwarna warni. Al hasil banyak yang menjadikanya sebagai spot foto. Fasilitas kebun raya kuningan jugai terbilang lengkap seperti gazebo, penginapan, WC, air mancur dll. Hanya saja belum sepenuhnya beroperasi.
Lokasi Dan Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan
Lokasi Kebun Raya Kuningan

Harga Tiket Masuk Kebun raya Kuningan 

Saat artikel ini diterbitkan, harga tiket masuk kebun raya kuningan belum ditetapkan. Namun jika merujuk tiket masuk sebelumnya yakni Rp 5 ribu/ motor kemungkinan harga tiket masuknya berkisar antara Rp 10 ribu - Rp 20 ribu. Nantinya kalau sudah resmi diberlakukan, kami akan berikan update terbarunya.

Lokasi Kebun Raya Kuningan 

Kebun raya kuningan berada di kaki gunung ciremai, pada ketinggian 870 mdpl. Secara administrative, alamat kebun raya kuningan ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Butuh waktu sekitar 20 menitan dari kota kuningan atau jika dari kota Cirebon setidaknya butuh waktu perjalanan 1,5 jam. Setelah memasuki kecamatan pasawahan, jalan mulai berkelaok dan menanjak. Namun rasa lelahmu gak bakalan kerasa karena view disekitarnya cukup menakjubkan. Jika sudah melihat bebatuan vulkanik besar di pinggir jalan, berarti lokasi kebun raya kuningan sudah dekat. Dari pintu gerbang, kamu harus menempuh jarak yang lumayan jauh untuk sampai di area parkir.

Related Posts