Lokasi Dan Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabumi, Taman Purba Yang Instagenic

shares |

Lokasi Dan Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabumi – Beberapa waktu belakangan kawasan geopark cilwtuh kian popular dikangan traveler. Berada disini memang seolah berada di negeri antah brantah yang membuatmu bertanya Tanya, apa benar ini di Indonesia?Komposisi batuan purba yang terendap dalam palung laut pada zaman kapur sekitar 50 juta tahun silam ini memang menyisakan fenomena alam yang menarik. Selain membuai mata, tentu saja menjadi spot ciamik untuk berfoto foto bagi para generasi milenial.

Ciletuh Geopark Sukabumi sendiri memiliki areal yang sangat luas. Apalagi sekarang sudah dilakukan perluasan menjadi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu dimana mencakup 8 kecamatan. Total luas mencapai 1.261 km persegi dengan lebih dari 50 obyek wisata. Namun kamu gak perlu bingung mau mengunjungi tempat wisata yang mana saja. Jika tak punya banyak waktu langsung saja menuju ke zona intinya yakni di kecamatan ciemas.
Lokasi Dan Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabumi
Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabumi
Ada beberapa obyek wisata ciletuh geopark yang berada di kecamatan ciemas. Mulai dari tebing panenjoan yakni berupa titik pandang dimana kamu bisa melihat view persahan, perbukitan hingga laut selatan. Selanjutnya kamu bisa juga menuju ke curug awing yang disebut sebut sebagai niagaranya sukabumi. Dengan lebar hingga 60 meter dan tinggi sekitar 40 meter, berada disini seolah membawamu ke air terjun Niagara yang berada di perbatasan kanada dan USA sana. Dindingnya berupa bebatuan coklat dan disekitarnya dihiasi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Selain itu masih ada beberapa spot wisata lainya seperti puncak darma, curug cimarinjung, curug sodong, dan juga pantai palangpang.

Lokasi Dan Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabumi
Jalan menuju ciletuh geopark sukabumi

Lokasi Ciletuh Geopark Sukabumi 

Seperti yang saya katakana sebelumnya, Ciletuh geopark ini memiliki areal yang luas. Namun jika ingin ke zona intinya, bisa menuju ke kecamatan ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 97 km dari kota sukabumi dan sekitar 48 km sebelah selatan pelabuhan ratu. Jika bingung kamu bisa ikuti rute berikut.
 Lagi Hits: Ini Dia Tiket Masuk Jembatan Gantung Sukabumi

Rute Menuju Ciletuh Geopark Sukabumi 

Jika kamu berasal dari Bandung, setidaknya butuh waktu perjalanan sekitar 8 jam. Rute menuju ciletuh geopark dari bandung yang bisa kamu lewati yakni Padalarang – cianjur – sukabumi – pelabuhan rat- jampang – ciletuh geopark. Untuk menghindari kemacetan, sebaiknya berangkatlah pada malam hari. Untuk akses jalanya sendiri cukup baik namun tetaplah hati hati. Pasalnya jalan ke ciletuh geopark dari pelabuhan ratu berkelok dan naik – turun. Selain itu jalanya sendiri tidak begitu lebar.Rasa lelahmu gak bakalan kerasa, sebab sepanjang perjalanan ditemani view yang menyegarkan.
Baca juga: Lokasi Puncak Pilar Sukabumi Yang Punya Spot Instagenic
Nah demikian tadi Lokasi Dan Rute Ke Ciletuh Geopark Sukabum. Tentunya untuk berwisata disana, lebih baik mencari penginapan mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Dengan budget Rp 200 ribuan kamu sudah bisa mencari penginapan di ciletuh geopark yang bisa menampung hingga 4 orang.

Related Posts