Gua Sunyaragi Cirebon: Tiket Masuk, Sejarah Dan Lokasi

shares |

Tiket Masuk Dan Sejarah Gua Sunyaragi Cirebon - Ada satu obyek wisata di cirebon yang harus dikunjungi ketika berada di kota tersebut. Adalah gua sunyaragi, gua yang memiliki sejarah panjang, mtos jodoh dan tempat asik buat berswafoto.Gua ini bukan terbentuk dari fenomena alam melainkan terbentuk dari hasil karya manusia. Namun bentuknya seperti gua batu alami, dan terlihat cukup unik. Tak heran jika banyak traveller, yang foto foto didepan gua. Beberapa mitos juga melekat pada gua peninggalan sultan cirebon itu, dari mitos enteng jodoh sampai pintu ghaib menuju mekkah.
Gua Sunyaragi Cirebon: Tiket Masuk, Sejarah Dan Lokasi
harga tiket masuk gua sunyaragi cirebon
 Gua Sunyaragi Cirebon hingga kini masih menyimpan banyak misteri. Salah satunya adalah dari mana inspirasi susunan batu karang di gua tersebut. Menurut cerita rakyat, corak bangunan goa sunyaragi diperoleh dari mimpi Sunan gunung jati. Susuanan batu di gua sunyaragi adlaah bangunan dengan batu karang paling besar di Cirebon. Jenis karang yang dipakai adalah batu kapur tua yang didapatkan dari pegunungan kromong serta karang karang muda dari dsar laut.Corak di sunyaragi juga masih menjadi misteri, karena corak tersebut hanya ada di cirebon tidak menyebar ke daerah lain.

Sejarah Gua Sunyaragi Cirebon

Ada banyak versi mengenai sejarah gua sunyaragi cirebon, salah satunya versi carub kanda. Sunan Gunung Jati konon bermimpi tentang istana yang bentuknya tidak jelas. Mimpi itu datang beberapa kali hingga suatu saat datanglah rombongan kapal tingkok yang membawa muatan batu. Sunan kaget, karena bentuk batu tidak beraturan seperti mimpinya. Ia lantas menceritakan kepada kerabatnya, Pangeran losari yang kemudian menjadi arsitek gua sunyaragi.
Gua Sunyaragi Cirebon: Tiket Masuk, Sejarah Dan Lokasi
sejarah gua sunyaragi cirebon
Saat pertama kali membangun gua sunyaragi, Losari mendesainya seperti wadasan. Kemudian di abad ke 17, bangunan gua sunyaragi di beri sentuhan estetika oleh pengikut Ong Tien Nio (istri sunan gunung jati). Versi lain menyebutkan gua sunyaragi dibuat oleh pangeran Emas Zaenul arifin di awal adab ke 18. Gua ini dulunya menjadi tempat sultan cirebon mencari ketenangan. Ada juga yang menyebutkan, gua sunyaragi digunakan untuk menggembleng pasukan tentara kesultanan cirebon.

Harga Tiket Masuk Gua sunyaragi Cirebon

Desain gua yang memang artistic, mengundang banyak anak muda yang datang untuk berfoto foto. Foto foto gua sunyaragipun kerap lalu lalang di feed instagram. Buat kamu yang ingin foto foto disana, cukup bayar tiket masuk gua sunyaragi sebesar Rp 10 ribu. Namun kalau ingin mencari tahu sejarah gua sunyaragi dan hal hal lainya bisa sewa pemandu dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu. Selain itu kamu juga diwajibkan bayar parkir sebesar Rp 5 ribu.

Mitos Gua Sunyaragi

Ada hal menarik lainya di gua sunyaragi yakni tentang mitos enteng jodoh dan sulit jodoh. Di gua peteng (bagian dari gua sunyaragi) terdapat patung perawan sunti. Konon jika memegang patung tersebut akan sulit jodoh.  Sedangkan di bagian lain yakni di gua kelangenan, setiap pengunjung yang masuk dipercaya akan enteng jodoh. Percaya atau tidak itu hanyalah mitos yang belum tentu kebenarana. Yang jelas tempat ini memang menyimpan sejarah panjang dan juga asik buat hunting foto.

Lokasi Gua Sunyaragi Kesambi

Goa sunyaragi ini terletak di Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Lokasinya berada di pinggir jalan by pass cirebon - brebes.  Jadi kalau mau ke taman sari gua sunyaragi cirebon menggunakan kendaraan umum, dari stasiun naik angkot D5 yakni jurusan dukuh semar. Turun di pertigaan jalan siliwangi. Lalu lanjut naik nagkot D2 dan turun di lokasi gua sunyaragi.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar