Tiket Masuk Dan Rute Menuju Budug Asu Lawang Malang, Spot Keren Di Lereng Arjuno

shares |

Lokasi Dan Rute Menuju Budug Asu Lawang - Malang memang memiliki tempat wisata yang melimpah. Mulai dari pantai, pegunungan hingga tongkrongan hits. Di media sosial instagram banyak para pengguna yang berlomba lomba memamerkan keindahan malang dengan tagar #exploremalang. Salah satunya yakni di budug asu yang berada di lereng Gunung Arjuna. Meskipun bukan berada di puncak melainkan di lereng gunung, budug asu ini tetap menawarkan panorama alam yang memukau. Hamparan padang savana yang menyelimuti perbukitan dengan latar belakang puncak gunung arjuna, menciptakan lanskap yang unik dan memanjakan mata. Tak heran, jika tempat ini selalu dijadikan ajang selfie para anak muda malang dan sekitarnya.
Tiket Masuk Dan Rute Menuju Budug Asu Lawang Malang
gardu pandang di budug asu
Mendengar nama budug asu memang agak sedikit aneh, mengingat asu dalam bahasa jawa berarti anjing. Nama ini adalah julukan warga setempat untuk menyebut bukit di lereng arjuna itu. Tak ada literasi yang menyebutkan alasan dari penamaan budug asu. Masyarakat sekitar juga menyebunya dengan nama bodokasu. Sebelum dikenal sebagai tempat wisata seperti saat ini, lokasi budug asu lawang sudah dikenal oleh para crosser dan offfroader. Yaps, budug asu memang menjadi tempat untuk menyalurkan hobi para crosser dan offroader. Setelah dibangun beberapa fasilitas seperti toilet dan gardu pandang, kini mulai didatangi para foto hunter.
Tiket Masuk Dan Rute Menuju Budug Asu Lawang Malang
jalan menuju budug asu

Budug Asu memang memiliki view yang cukup indah. Hamparan savana berlatar belakang gunung Arjuna dan view kebun teh bak karpet raksasa di sebelah barat, mampu menyihir siapapun yang datang. Perjalanan menuju budug asu yang cukup melelahkan, akan terbayar lunas dengan pemandangan yang akan didapatkan. Di lokasi budug asu ini ada ikon wajib untuk berswafoto yakni gardu pandang berupa kepala serigala. Udara disini juga cukup sejuk mengingat lokasinya yang berada pada ketinggian 2000 mdpl. Jika kamu memiliki waktu panjang, bawalah tenda dan camping di budug asu.
baca juga: Lokasi Coban Putri Tlekung

Rute Menuju Budug Asu Lawang Malang

Akses menuju budug asu bisa dilalui dengan motor cross ataupun mobil jeep. Jika memaksakan menggunakan motor bebek juga bisa, tapi membutuhkan perjalanan yang ekstra. Beberapa pengunjung memilih untuk berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Ada 3 rute menuju budug asu yang bisa dilalui yakni via kebun teh wonosari, BBIB dan Sumberawan. Jalur yang paling umum dilalui adalah melewati kebun teh wonosari karena akses jalanya yang lebih baik.

Jalan menuju bukit budug asu ini cukup ekstrim. Kondisi jalanya belum beraspal melainkan masih berbatu dan bahkan berlumpur. Untuk itu akan lebih baik jika datang menggunakan sepeda motor jenis trail/cross. Untuk menuju lokasi budug asu, kamu tinggal menuju ke agrowsiata kebun teh wonosari, dan selanjutnya ikuti petunjuk jalan yang ada.
baca juga: Ini tiket Masuk Malang Night Paradise

Harga Tiket Masuk Budug Asu Lawang Malang

Setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu dan biaya parkir motor sebesar Rp 3 ribu. Sedangkan yang datang dengan motor cross, akan dikenakan tiket masuk budug asu sebesar Rp 10 ribu dan untuk mobil jeep dikenakan tarif Rp 25 ribu.

Related Posts