Rute Dan Lokasi Tukad Unda Klungkung Bali, Air Terjun Bak Tirai Panjang

shares |

Rute Dan Lokasi Tukad Unda Klungkung Bali - Bicara tentang wisata di Bali tak hanya sebatas pantai saja lho gaess. Kamu juga bisa menemukan beragam wisata kekinian yang biasa digunakan para anak muda untuk hunting foto. Misalnya di daerah Karangasem ada rumah pohon temega dan rumah bambu pengalon. Atau kalau kamu ke daerah Klungkung, kamu akan menemukan air terjun cantik bak tirai panjang. Namun air terjun ini berbeda dengan air terjun lainya. Sebab tukad unda adalah air terjun buatan yang terbentuk dari dam atau bendungan. Namun kecantikanya akan membuatmu jatuh hati. Di instagram, sering kali kita temukan foto foto keindahan tukad unda. Bahkan lokasi tukad unda juga sering digunakan untuk prewedding lho.
Rute Dan Lokasi Tukad Unda Klungkung Bali
rute menuju tukad unda klungkung

Tukad unda sebenarnya adalah nama sungai yang melintasi daerah Klungkung, Bali. Di Desa Lebah Banjar terdapat dam atau bendungan berundak yang membuat aliran air tersebut seperti air terjun. Tempat ini sering digunakan untuk bermain air warga setempat dan juga digunakan untuk huntin foto para wisatawan. Dalam bahasa setempat, tukad berarti sungai dan unda berarti lapisan. Jadi Tukad Unda kurang lebih bisa diartikan Sungai yang berlapis lapis Tukad Unda ini merupakan aliran dari Tukad Telaga Waja yang mengalir dari kaki Gunung Agung. Jadi disini airnya masih bersih dan bening. Kamu bahkan bisa melihat dasar sungai dengan mata telanjang.
Rute Dan Lokasi Tukad Unda Klungkung Bali
foto prewedding di tukad unda klungkung bali

Jika dilihat dari atas, lokasi tukad unda ini nampak seperti sungai biasa. Tapi cobalah turun kebawah, dan temukan keunikanya. Disekitar sungai terdapat banyak pohon dan rerumputan hijau sehingga terlihat makin asri. Tukad unda ini bertingkat dua dan membentang dengan kokoh seperti tirai air yang panjang. Di bagian tengahnya, cukup dangkal hanya selutut kaki. Sedangkan di bagian atas dan bawah cukup dalam, jadi kamu harus berhati hati. Menariknya meski sudah populer di instagram dan banyak pengunjung, tidak ada retribusi alias gratis. Bahkan ketika lokasi lain mengharuskan membayar biaya lebih untuk pemotretan prewedding, disini tidak dikenakan tarif sepeserpun.
Baca juga: Lokasi Air Terjun Tukad Cepung

Bagi yang mau foto prewedding di tukad unda, ada beberapa jasa prewedding di bali yang menyediakan paket prewedding di tukad unda. Mereka juga menawarkan beberapa konsep seperti berfoto berdua bersama pasangan atau berfoto dengan dikelilingi anak kecil yang akan melompat dan bermain air. Bagi yang mau foto prewedding disarankan untuk tidak pada musim hujan karena laju air cukup deras dan juga tidak disarankan menggunakan gaun pengantin yang berat. Berikut alamat tukad unda selengkapnya.

Lokasi Tukad Unda Klungkung Bali

Tukad unda ini terletak di Desa Lebah Banjar, Klungkung, Bali. Jaraknya sekitar 62 km dari Bandara Internasional Ngurah rai. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada di jalan utama Kabupaten Klungkung.

Rute Menuju Tukad Unda Klungkung

Untuk rutenya dari bandara ngurah rai silahkan melewati jalan tol bali mandara menuju patung titi banda. Kemudian ambil arah ke timur melewati jalan by pass ida Bagus Mantra. Sesampainya di perempatan di jalan pantai watu klotok, beloklah ke kiri. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan patung kanda pat sari lalu belok ke kanan. Sebelum sampai di jembatan kamu akan menemukan sebuah patung, lurus saja nanti anak sampai di lokasi tukad unda.

Related Posts