Rute Dan Lokasi Tebing Gunung Gajah Kulon Progo, Spot Bulan Sabit

shares |

Lokasi Tebing Gunung Gajah Kulon Progo - Setiap daerah di Jogja sepertinya saling berlomba untuk menghadirkan wisata terbaru yang unik. Di Bantul tentu kita mengenal dengan sejumlah wisata di Dlingo, begitu juga dengan di Gunung Kidul, Sleman dan Kulon Progo yang juga menghadirkan sejumlah tempat wisata terbaru. Beberapa waktu lalu, Kulon Progo memiliki wisata unik bernama Ayunan langit Watu Jaran, kini "kota Geblek" tersebut baru saja memiliki wisata baru bernama Tebing Gunung Gajah. Spot foto berupa bulan sabit, menjadi daya tarik utama. Para pengunjung bisa berfoto diatas bulan sabit tersebut dengan background alam hijau yang berkombinasi dengan birunya langit. Tak ayal tebing gunung gajah lansung viral di Instagram meski belum lama dibuka.
Rute Dan Lokasi Tebing Gunung Gajah Kulon Progo, Spot Bulan Sabit
spot bulan sabit di lokasi tebing gunug gajah kulon progo
Puncak puncak di perbukitan menoreh kulon progo, memang menyajikan panorama alam yang memukau. Selain kali biru, lokasi tebing gunung gajah juga menjadi spot menarik untuk menikmati relief alam Kulon Progo. Sebuah bukit yang berbentuk layaknya kepala gajah dengan view waduk sermo yang dipagari dengan deretan perbukitan, tentu menjadi spot menarik untuk ber-swafoto. Dari atas bukit tersebut, pemandangan kota wates, bukit bukit di gunung kidul dan kota jogja terlihat cukup jelas. Bahkan ketika cuaca sedang cerah cerahnya, garis cakrawala yang menjadi batas antara samudra hindia dan birunya langit juga nampak di ukung selatan. Wajar saja, karena ketinggian tebing gunung gajah ini sekitar 810 meter diatas permukaan air laut.

Ada berbagai macam spot foto di tebing gunung gajah kulon progo. Spot foto berupa bulan sabit adalah yang paling banyak diminati para wisatawan. Pasalnya spot bulan sabit ini terlihat seolah digantungkan dari langit. Kemudian ada juga spot berupa gembok dengan tulisan " I Love U"dan  gardu pandang diatas pohon. Menariknya tebing gunung gajah tak hanya menawarkan spot foto yang unik. Disini juga tersedia beberapa wahana permainan yang memacu adrenalin. Seperti treetop yakni sebuah lintasan yang menghubungkan antara pohon satu dengan yang lainya. Jadi pengunjung bisa berjalan diatas lintasan yang terbuat dari papan kayu dan tali temali tersebut. Selain itu ada juga wahana flying fox. Kemudian ada juga wahana susur gua yang didalamnya terdapat kubah besar dan "cahaya surga".
rute menuju tebing gunung gajah kulon progo

Lokasi Tebing Gunung Gajah Kulon Progo

Alamat tebing gunung gajah ini berada di dusun tegaring II, Kelurahan Hargotirto,  Kulon Progo. Lokasinya berbatasan langsung dengan kabupaten Purworejo. Luas lokasi wisata mencapai 2 hektar, dan sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kedepanya juga akan dilengkapi dengan beberapa spot foto lainya seperti bunga raksasa, dewi putih dan sayap malaikat.

Rute Menuju Tebing Gunung Gajah

Dari kota jogja berjalanlan ke arah barat melewati jalan godean. Dari perempatan demak ijo, lurus saja melewati pasar godean dan jembatan sungai progo. Kemudian teruskan perjalananmu melewati pasar kenteng, nanggulan, pasar jonggrangan hingga sampai di pertigaan segathol. Ambilah ke kiri hingga sampai di pertigaan gardu pandang tamanan. Beloklah ke kanan dan tak lama kemudian akan sampai di lokasi tebing gunung gajah kulon progo.

Harga Tiket Masuk Tebing Gunung Gajah

Tiket masuk ke tebing gunung gajah hanya Rp 5 ribu saja dan biayar parkir Rp 2 ribu. Sementara untuk berfoto di spot spot yang tersedia dikenakan biaya Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Sedankan harga tiket treetop adalah Rp 50 ribu, Flying fox Rp 15 ribu dan susur gua Rp 25 ribu. 

Related Posts