Rute Dan Lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga, Rumah Hobbit Di Kaki Gunung Slamet

shares |

Rute Dan Lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga - Bila Lembang memiliki desa shire seperti dalam film The Hobbit, Purbalingga di Jawa Tengah rupanya juga tak mau ketinggalan. Daerah yang terletak di kaki gunung slamet ini, kini punya kampung kurcaci. Kesan unik dan instagramable memang melekat di kampung kurcaci. Wajar jika banyak anak muda yang berdatangan untuk berfoto foto. Pemandangan hijau dan udara sejuk khas pegunungan yang menyelimuti, membuat tempat ini cocok banget untuk melarikan diri dari kepenatan. Selain rumah kurcaci yang menjadi primadona, ada juga wahana lain yang bisa kamu nikmati seperti air terjun tawrung, air terjun lawang, rumah pohon dan juga camping ground.

Rute Dan Lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga
Rute Kampung Kurcaci Purbalingga

Lokasi kampung kurcaci yang berada di kaki Gunung Slamet ini awalnya dibangun untuk sekolah alam bagi anak anak di desa setempat. Desainya yang seperti rumah kurcaci, dimaksudkan agar bisa menarik minat anak anak untuk sekolah. Secara filosofis, kampung kurcaci memiliki nilai agar kita selalu berintropeksi dan bersukur. Lebih lanjut lagi, kampung kurcaci juga menggambarkan manusia yang kecil dibanding dengan keindahan alam. Rumah tersebut terbuat dari kayu dan dicat warna kuning. Seperti rumah kurcaci dalam film the hobbit, atapnya dibuat pendek, Kini kampung kurcaci di purbalingga sudah menjadi wisata favorit para anak muda. Tak hanya rumah kurcaci saja yang menjadi spot foto andalan, ada juga spot foto lainya seperti sayap kpu kupu, spot bunga, atau sekedar bergelantungan dengan hammock diantara pepohonan.
Rute Dan Lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga
giant swing di lokasi kampung kurcaci purbalingga
Di area kampung kurcaci ini terdapat  air terjun bernama Curug Lawang dengan ketinggian sekitar 35 km. Wisata kampung kurcaci ini terletak di tengah hutan dengan pohon damar yang rimbun dan sudah berumur ratusan tahun. Meskipun siang hari, sinar matahari nyaris tidak masuk menyoroti lantaran saking rimbunya. Diantara pepohonan yang tinggi menjulang, juga dibangun rumah pohon. Meskipun tak seperti kali biru di jogja yang menghadirkan panorama alam menakjubkan, namun rumah pohon ini juga asik untuk dinaiki. Bagi yang suka dengan permainan menantang, bisa mencoba giant swing. Kamu akan diangkat setinggi 25 meter kemudian dilepaskan dan berayun bebas. Sementara itu bagi yang suka ngecamp, disediakan juga camping ground. Jadi kamu bisa membawa tenda ketika datang kesini. Gimana sangat lengkap bukan? lantas dimana alamat kampung kurcaci ini?

Lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga

Kampung kurcaci terletak di dusu brobahan, Desa Serang, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Lokasinya berjakara sekitar 7 km dari goa lawa. Adapun peta kampung kurcaci purbalingga ini bisa kamu lihat di google maps berikut ini.


Rute Menuju kampung Kurcaci

Rute dari purwokerto
Jika kamu dari kota purwokerto, rute yang bisa kamu lalui adalah Sokaraja-Kalimanah-Purbalingga kota. Dari sini silahkan lanjut ke arah bobotsari melewati bojongsari dan mrebet. Jika sudah sampai di pertigaan serayu, belok kiri arah desa serang atau arah pendakian gunung slamet.

Rute dari pemalang
Rute yang bisa kamu lalui adalah belik-gombong-kutabawa. Selanjutnya beloklah ke kanan arah desa serang atau kebun strawberry. Lokasi kampung kurcaci berada di jalan raya brobahan km.1 tepatnya setelah rest area lembah asri.

Harga Tiket Masuk Kampung Kurcaci

Tiket masuknya terbilang sangat murah yakni hanya Rp 5 ribu/pengunjung. Selain itu kamu juga diwajibkan membayar parkir sebesar Rp 2 ribu/ motor. Pengelola yang jumlahnya 18 orang,a akn siap menyambut kedatangan anda.

Related Posts