Rute Dan Lokasi Hutan Pinus Asri Karangasem, Punya Gardu Pandang Baru

shares |

Rute Dan Lokasi Hutan Pinus Asri Karangasem - Kawasan Dlingo di Bantul kini telah menjelma menjadi surganya para pemburu selfie. Pasalnya disetiap sudut di Dlingo terdapat berbagai macam spot foto yang kece banget. Topografinya yang berupa pegunungan dengan pepohonan hijau memang sangat mendukung hal tersebut. Ditambah lagi dengan pohon pinus yang menyelimuti kawasan Dlingo. Jika selama ini wisata di Jogja hanya berpusat di Kota dan Kabupaten Gunung Kidul, kini Dlingo Bantul menjadi alternatif wisata baru. Trend anak muda yang gemar berfoto selfie ataupun swafoto lalu diunggah di Instagram, dimanfaatkan betul oleh masyarakat Dlingo dan sekitarnya. Alhasil, setahun belakangan kawasan Dlingo dibanjiri oleh wisatawan yang sebagian besar adalah anak muda. Salah satu spot yang menjadi favorit para pelancong adalah Hutan pinus karangasem.


Rute Dan Lokasi Hutan Pinus Asri Karangasem, Punya Gardu Pandang Baru
lokasi gardu pandang pinus asri karangasem


Sebenarnya lokasi hutan pinus asri karangasem ini telah dikenal lama oleh wisatawan. Bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya, tempat ini lebih dikenal dengan hutan pinus mangunan. Pohon pohon pinus yang menjulang tinggi, ditambah dengan kabut tipis yang acap kali datang menciptakan suasana bak hutan pacific nortwest. Hutan pinus memang menjadi salah satu spot favorit untuk hunting foto di berbagai daerah termasuk di Mangunan ini. Namun hutan pinus asri karangasem Dlingo ini tak hanya menawarkan keindahan pohon pinusnya saja. Dari waktu ke waktu, ada saja inovasi yang terus dilakukan. Mulai dari panggung terbuka, spot bunga dan yang terakhir dilengkapi dengan sebuah gardu pandang. Diatas lokasi gardu pandang pinus asri tersebut, pengunjun bisa menikmati suguhan cakrawala keindahan kawasan Dlingo dari ketinggian. Berbeda dengan beberapa wisata di Dlingo lainya yang didesain unik, gardu pandang di pinus asri tidak diberi sentuhan artistik. Hanya saja bangunananya dibuat kokoh dengan menggunakan kayu.
Rute Dan Lokasi Hutan Pinus Asri Karangasem, Punya Gardu Pandang Baru
spot bunga hutan pinus asri dlingo
Untuk mendapatkan view yang bagus, tentu saja pengunjung harus datang pagi pagi hari. Pasalnya pancaran kuning keemasan dari sinar matahari yang beradu dengan kabut putih akan menciptakan suasana yang luar biasa. Saran kami datanglah pada weekday, karena kalo pas weekend pengunjung biasanya membludak dan harus antri untuk berfoto. Bagi yang belum tahu alamat hutan pinus asri karangasem, bisa dilihat pada peta berikut ini.

Lokasi Hutan Pinus Asri Karangasem Dlingo Dengan Gardu Pandang Baru

Lokasi gardu pandang pinus asri ini berada di kawasan hutan pinus asri yakni di jl. Hutan Pinus Nganjir, Krangasem, Munthuk, Dlingo. Hutan pinus ini buka dari jam Adapun petanya bisa dilihat pada google map berikut ini.


Rute Menuju Pinus Asri Karangasem Dlingo

Rute menuju hutan pinus asri ini sama ketika kamu menuju ke kebun buah mangunan. Dari jogja kota, silahkan menuju ke  terminal giwangan. Lanjutkan perjalananmu ke arah selatan melintasi jalan imogiri timur hingga sampai di pertigaan pasar imogiri. Dari sini beloklah ke kiri dan kemudian akan menemukan pertigaan lagi. Beloklah kekanan arah kebun buah mangunan. Jika sudah sampai di pertigaan mangunan, lurus saja melewati jalan menanjak. Lokasi hutan pinus asri karangasem terletak di kanan jalan.


Harga Tiket Masuk Hutan  Pinus Asri Dlingo

Sebenarnya tiket masuk hutan pinus asri karangasem ini gratis. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp 3 ribu untuk sepeda motor ,Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 20 ribu untuk bus. Sedangkan bagi yang mau foto prewedding akan dikenakan biaya Rp 40 ribu. Kamu juga bisa menyewa hammock dengan membayar Rp 10 ribu.

Related Posts