Lokasi Dan Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo, Tempat Terbaik Menikmati Sunset Di Bantul

shares |

Lokasi Dan Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo - Bantul kini menjadi salah satu daerah yang cukup unggul di sektor pariwisata, terutama di Kecamatan Dlingo dan sekitarnya. Topografinya yang berupa pegunungan, membuat pemandangan disini memang menakjubkan. Kamu bisa menikmati langit senja Bantul di Puncak Becici yang terletak dibalik pohon pinus merkussi yang menjulang tinggi. Sunset di Puncak Becici memang salah satu view terbaik yang bisa kamu nikmati ketika berada di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ketika senja mulai menghilang, jangan keburu untuk pulang. Pemandangan city light bak lautan bintang, akan memberikan kejutan di akhir cerita.
Lokasi Dan Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo,
sunset puncak becici
Puncak becici berada tak jauh dari lokasi hutan pinus asri karangasem, hanya berjarak sekitar 3 km saja. Pemandangan lahan terasering dan deretan pohon pinus akan menemani perjalananmu ketika akan sampai di lokasi puncak becici. Setelah berpisah dengan jalan beraspal. selanjutnya kamu akan diantar jalan cor sejauh 300 meter. Dari kejauhan terlihat deretan gubuk gubuk yang siap menjamu para wisatawan dengan minuman dan makanan ringan yang dijual. Tak ada pungutan tiket masuk puncak becici. Pengelola dan masyarakat setempat hanya mengambil keuntungan dari biayar parkir saja. Selepas memakirkan kendaraan, dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dibawah pohon pinus yang rindang.
rute dan lokasi puncak becici dlingo
Lokasi Hutan Pinus Becici asri ini adalah bagian dari Hutan Lindung yang dikelola RPH Mangunan. Awalnya hutan pinus becici asri digunakan sebagai hutan produksi getak pinus untuk dijadikan gondorukem dan terpentin. Namun panorama di bagian barat hutan yakni tepat di bibir tebing cukup mempesona sehingga mengundang para wisatawan untuk berdatangan. Sunrise Puncak Becici bak gula yang mengundang semut semut wisatawan untuk berdatangan. Nama becici sendiri memiliki sejarah tersendiri. Nama becici konon berasal dari gabungan kata ambeg dan becici yang memiliki arti berdiam diri dan melepaskan hal hal duniawi. Hal ini merujuk pada cerita putra pendiri Desa Muntuk yang pernah bertapa di bukit tersebut dan kemudian dimakamkan disana. Entah cerita ini benar atau tidak, tapi di lokasi puncak becici memang ditemukan petilasan seperti makam.

Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo

Tiket masuk ke puncak becici ini gratis. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir Rp 3 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk mobil. Meskipun gratis, disini sudah tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, gazebo, ayunan serta rumah pohon.

Rute Dan Lokasi Puncak Becici

Alamat puncak becici ini berada di dusun Gunung Cilik, Kelurahan Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan sejumlah tempat wisata populer di Bantul lainya seperti hutan pinus mangunan, kebun buah mangunan, jurang tembelan, bukit mojo dan lain lainya. Sementara itu untuk rute menuju puncak becici ada dua jalur yang bisa kamu lalui sebagai berikut.

1. Rute yang pertama dari terminal giwangan lurus melewati jalan imogiri timur hingga sampai di pasar imogiri. Kemudian mentok di pertigaan, belok kiri hingga sampai di pertigaan lagi. Dari sini belok ke kanan menuju arah kebun buah mangunan. Lurus saja melewati hutan pinus asri. Dari sini sudah ada beberapa petunjuk jalan menuju lokasi puncak becici dlingo.
  2. Rute yang kedua bisa melalui jalan wonosari hingga sampai di perempatan patuk. Beloklah kekanan melewati hutan pinus sudimoro 1 dan kemudian tinggal mengikuti plang menuju puncak becici.