Lokasi Curug Jenggala Baturaden, Air Terjun Romantis Di Banyumas Jawa Tengah

shares |

Lokasi Curug Jenggala Baturaden - Seolah tak mau kalah dengan tetangganya kebumen, kini Banyumas mulai memoles destinasi wisata yang ada diwilahya. Jika kebumen memiliki Brujul Adventure Park, bukit hud karang bolong dan beberapa wisata terbaru lainya, kini Banyumas memiliki curug jenggala yang sedang ramai di instagram. Selama ini kabupaten banyumas terkenal dengan wisata Baturaden. Kehadiran curug jenggala ini tentu memberikan warna baru wisata di banyumas. Bukan hanya air terjunya yang terlihat cantik dan alami, air terjun di kawasan baturaden ini dibungkus dengan gimmick kekinian berupa papan kayu berbentuk love.
Lokasi Curug Jenggala Baturaden, Air Terjun Romantis Di Banyumas Jawa Tengah
Alamat Curug Jenggala Baturaden Banyumas

Curug jenggala di Baturaden Kabupaten Banyumas ini memang sudah memiliki modal bagus berupa panorama alam yang masih asri dibalut udara yang sejuk. Ngadem sambil menikmati panorama alam yang hijau bisa melepaskan penat akibat rutinitas. Untuk menarik perhatian anak anak muda yang suka dengan spot foto kekinian, di Lokasi Curug Jenggala Baturaden kini dihias dengan spot berupa papan kayu berbentuk love. spotnya makin romantis dengan tanaman hijau disekelilingnya. Spot foto tersebut terletak tepat didepan air terjun, jadi saat berfoto disini maka curug jenggala akan menjadi backgroundnya. Karena tempatnya fotoable banget, wajar saja jika curug jenggala langsung viral di instagram dan mulai diserbu para anak muda yang suka berswafoto.

Awalnya air terjun di baturaden ini bernama Curug Tempuan. Ini dikarenakan air terjunya terdiri dari tiga aliran sungai. Air terjun utama berada di tengahnya yang memiliki aliran paling deras. Dari hasil musyawarah warga setempat, air terjun ini berubah nama jadi curug jenggala yang merujuk pada nama juru kunci hutan disekitar curug jenggala. Curug ini sekarang dikelola oleh Perhutani Banyumas dan bekerjasama dengan warga setempat. Bagi yang belum tahu alamat curug jenggala ini, berikut info lengkapnya

Lokasi Curug Jenggala Baturaden Banyumas

Bagi para pelancong, curug jenggala mungkin masih kurang familiar di telinga. Wajar saja karena air terjun ini adalah wisata baru di Banyumas. Alamat curug jenggala tepatnya berada di dusun Kalipagu, Kelurahan Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Lokasinya tak jauh dari wisata baturaden yang sudah lama populer.Di dusun kalipagu ini sebenarnya juga memiliki beberapa air terjun lainya seperti curug penganten, curug bayan, dan curug gedhe. Untuk mencari lokasinya bisa dilihat pada google map berikut ini.


Rute Menuju Curug Jenggala Banyumas

Jalan menuju curug jenggala baturaden ini cukup mudah ditemukan karena dekat dengan Taman wisata baturaden. Jadi jika kamu dari Kota Purwokerto cukup ikuti arah menuju Wisata Baturaden saja. Sudah ada banyak plang petunjuk arah di sudut sudut jalan. Jika sudah memasuki kawasan baturaden, silahkan menuju ke curug bayan. Kamu akan menemukan jalan sempit dan menanjak didekat homestay, ikuti jalan tersebut. Dari sini sudah ada plang petunjuk arah menuju lokasi curug jenggala baturaden. Jika sudah sampai di area parkir, kamu harus berjalan lagi sejauh 500 meter. Jalanya cukup licin lantaran berlumpur, jadi hati hati ya.

Tiket Masuk Curug Jenggala Baturaden

Tiket masuknya cukup murah, setiap pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu. Selain itu kamu juga diwajibkan untuk membayar biaya parkir. Karena tergolong wisata baru di Banyumas, jadi fasilitas disini belum lengkap dan masih dalam tahap pengembangan.

Related Posts